Kapan Berakhirnya Dukungan Microsoft Terhadap Windows 7?


Share

Microsoft akan mengakhiri eksistensi Windows 7 dua tahun mendatang tepatnya pada Januari 2020. Itu artinya Microsoft akan menghentikan semua dukungan, termasuk dukungan berbayar; dan semua pembaruan, termasuk pembaruan keamanan.

Namun, di antara waktu yang tersisa saat ini untuk masa berlakunya Windows 7, terdapat suatu tahapan yang dikenal dengan fase “extended support.” Selama fase tersebut, Microsoft masih menawarkan dukungan berbayar, meskipun bukan dukungan tanpa biaya yang hadir dengan lisensi dan terus memberikan pembaruan keamanan tetapi tidak untuk desain dan fitur.

Mengapa dukungan untuk Windows 7 akan berakhir?

Akhir dari siklus produk milik Microsoft ini mirip dengan sistem operasi yang pernah dibuat oleh Microsoft sebelumnya. Setiap produk Windows memiliki siklus hidup. Siklus hidup dimulai ketika suatu produk dilepaskan dan berakhir ketika ia tidak lagi mendapatkan dukungan. Mengetahui tanggal-tanggal penting dalam siklus hidup produk tersebut dapat membantumu mengambil keputusan matang mengenai kapan harus memperbarui, meningkatkan, ataupun membuat perubahan lainnya pada perangkat lunak yang kamu operasikan.

Apa arti dari akhir keberadaan Windows 7?

Akhir dari siklus produk tersebut ialah pada tanggal aplikasi tidak lagi didukung oleh perusahaan yang membuatnya. Setelah berakhirnya Windows 7, kamu tentunya masih dapat menggunakan sistem operasi tersebut. Walau demikian, kamu akan melakukannya dengan segala resiko yang perlu kamu tangani sendiri. Resiko tersebut dapat berupa virus komputer baru dan malware lainnya yang sedang dikembangkan sepanjang waktu. Apabila tidak terdapat pembaruan keamanan untuk melawannya, data dan sistem kamu akan rentan terserang.

Peningkatan dari Windows 7

Sebaliknya, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah meningkatkan ke sistem operasi terbaru milik Microsoft. Windows 10 dirilis pada tahun 2015, dan mendukung aplikasi yang dapat digunakan di berbagai perangkat, termasuk komputer pribadi, tablet, dan ponsel cerdas. Windows 10 juga mendukung metode input keyboard dan mouse, lebih cepat dari Windows 7. Selai itu, terdapat pula sejumlah fitur bermanfaat lainnya. Terdapat suatu perbedaan pada interface Windows 7 dan Windows 10. Namun demikian, sebagai pengguna Windows, kamu tentu akan cepat tanggap beradaptasi.

Proses pengunduhan Windows 10 sangatlah mudah untuk pengguna komputer tingkat menengah hingga mahir. Bagi yang merasa kesulitan mungkin dapat meminta bantuan temannya yang “geek”.

(dilansir dari lifewire.com)

Artikel Terkait: