Transformer : Jepang Perkenalkan Mobil-Robot Pertama


Share

Tentu kita semua tahu dan mengenal baik jika berbicara mengenai film Transformer. Film yang bercerita tentang robot-robot alien yang datang dan bertarung di bumi ini menjadi salah satu film sci-fi yang laris manis di pasaran. Lalu pernahkah kalian membayangkan sebuah mobil bisa berubah menjadi robot seperti dalam film Transformer itu? ya, Dilansir dari video Reuter.com, sebuah teknologi robotik baru-baru ini dikembangkan di Jepang. Sebuah mobil yang bisa berubah menjadi robot yang bergerak dan tentu bisa dikendarai layaknya mobil biasa. J-deite RIDE, sebuah prototipe transformer pertama didunia dikenalkan 27 April lalu. Meski tidak bisa berubah secepat Optimus Prime (membutuhkan waktu sekitar 60 detik), robot ini tetap menjadi inovasi besar bagi perkembangan robotika dunia.

Penampakan wajah Transformer Jepang

Penampakan wajah Transformer Jepang

Prototipe ini dikembangkan oleh para insinyur di Jepang dan dapat berubah dari ‘mode kendaraan’ ke ‘mode robot’ dengan tinggi sekitar 3,7 m. Robot ini termasuk tipe ‘humanoid’ dimana pengendali tetap berada pada manusia. Robot ini dapat berjalan dengan kakinya, tetapi tentu tidak dengan berlari. Kecepatan robot ini hanya 100 m per jam dan tetap ini merupakan langkah besar.

Kenji Ishida, kepala eksekutif Brave Robotics, yang membantu membangun bot bersama dengan Asratec, mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh film kartun Transformer asli yang pernah ia tonton waktu anak-anak.

“Robot yang pernah saya lihat di film animasi sejak kecil semuanya memiliki tampilan seperti ini dan mereka bertransformasi menjadi satu sama lain untuk menjadi sesuatu yang lain dengan orang-orang di dalamnya,” kata Ishida.

“Jadi saya tumbuh percaya bahwa robot harus mampu melakukan hal-hal seperti itu, yang menjadi motivasi saya untuk mengembangkan robot ini.”

Para pengembang berharap kreasi mereka akan menginspirasi orang lain untuk mendorong batas-batas robotika dan mengakui inovasi luar biasa mereka.

“Saya tidak berpikir itu sia-sia karena potensi baru dapat dibayangkan ketika hal-hal ini benar-benar terlihat,” kata Ishida.

Dengan keunikan dan inovasi besar ini, teknologi J-deite RIDE kemungkinan akan berakhir digunakan dalam industri hiburan, berpotensi di taman hiburan atau festival jalanan.

Artikel Terkait: