Alternatif Berbagi File Berukuran Besar

Alternatif Berbagi File Berukuran Besar

Share

Kalian dapat menggunakan e-mail untuk berbagi file seperti word, excel, csv file, ataupun foto dengah mudah. Namun, masalah muncul saat kalian ingin mengirimkan audio file maupun video file. Walaupun Gmail memberikan penggunanya kapasitas 50MB dalam satu kali pengiriman e-mail, itu tidak cukup besar untuk sebuah audio ataupun video berkualitas tinggi. Jadi apa solusinya untuk mengirimkan file berukuran besar secara online?

Ada beberapa situs yang bisa kalian manfaatkan untuk mengunggah file berukuran besar. Setelah kalian unggah file ke situs tersebut, kalian bisa membagikan link dari file tersebut kepada rekan kalian untuk mereka unduh. Namun, situs mana sajakah yang aman untuk aktivitas berbagi file berkapasitas besar?

Mungkin, untuk layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive, kalian sudah banyak yang tahu. Google Drive menawarkan kapasistas penyimpanan file hingga 15GB secara gratis. Sedangkan Dropbox menawarkan kapasistas penyimpanan mulai dari 2GB secara gratis. Adapun OneDrive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB. Lalu, bagaimana dengan alternatif lainnya?

Berbagi File Menggunakan WeTransfer

Jika keperluan berbagi file tidak sering kalian lakukan, hanya untuk sesekali saja, WeTransfer merupakan opsi yang baik untuk kalian pertimbangkan. WeTransfer memberikan kalian ruang hingga 2GB. Jika kalian ingin membagikan file yang telah kalian unggah kepada orang lain, cukup masukan e-mail mereka, hingga 20 e-mail, dan link dari file yang telah kalian unggah akan dikirim ke e-mail yang telah kalian daftarkan tadi. File beserta link-nya hanya berlaku selama satu minggu saja.

Berbagi File Menggunakan Send Anywhere

Jika kapasitas 2GB tidak cukup bagi kalian, Send Anywhere layak untuk dipilih. Kalian dapat berbagi file hingga 4GB melalui browser, 10GB melalui Outlook plugin maupun ekstensi untuk Google Chrome, dan 20GB melalui aplikasi Android / iOS. Jika kalian hanya menggunakan versi web dari Send Anywhere, kalian tidak perlu melakukan registrasi.

Berbagi File Menggunakan Firefox Send

Apabila kalian sangat memperhatikan privasi dan keamanan di atas segalanya maka solusi yang ditawarkan oleh Mozilla merupakan pilihan yang bijak. Dengan Firefox Send, kalian bisa mengunggah file hingga 1 GB. Firefox Send akan melakukan enkripsi terhadap file yang telah kalian unggah. File tersebut kemudian akan hancur dalam 24 jam atau setelah selesai diunduh. Mozilla pun tidak memiliki akses terhadap file yang telah  diunggah ataupun diunduh.

Artikel Terkait: