AMD Ryzen dalam PlayStation Generasi Berikutnya

PlayStation 4 akan digantikan oleh PlayStation 5

Share

Siapa di antara kalian yang memainkan konsol Sony PlayStation dari mulai PlayStation 1, PlayStation XP, dan seri-seri berikutnya? Dan berita terbaru mengatakan bahwa Sony akan segera meluncurkan seri terbaru untuk menggantikan PlayStation 4. Konsol Sony PlayStation 5 akan mengandalkan prosesor AMD Ryzen.

Prosesor yang digunakan oleh Sony PlayStation 4 yang ada saat ini adalah all-in-one chip gabungan antara AMD dan Radeon. Prosesor tersebut memiliki enam inti prosesor AMD dan 1.152 inti grafis dari Radeon. PS 4 dalam versi Pro dikemas dengan CPU yang lebih baik lagi dan mampu mendukung 4K HDR. Versi tersebut dirilis Sony pada September 2016.

Untuk para developer, spesifikasi perangkat keras tersebut menciptakan lingkungan yang lebih baik karena komponen yang ada di dalamnya serupa dengan komponen PC yang mereka gunakan untuk menciptakan suatu game. Baik Sony maupun Microsoft sama-sama menggunakan perangkat keras AMD untuk konsol yang mereka produksi, PlayStation 4 dan Xbox One. Jadi tidak mengejutkan apabila Sony akan menggunakan AMD untuk PlayStation seri berikutnya.

Pihak AMD sendiri telah menghabiskan waktu selama empat tahun untuk merancang kinerja arsitektur Zen yang lebih baik. Zen sendiri merupakan nama untuk mikro arsitektur dari prosesor komputer AMD. Zen pertama kali digunakan untuk CPU Ryzen pada Februari 2017. AMD berusaha menyamai kinerja CPU dari Intel namun dengan biaya yang lebih rendah, mencapai setengahnya.

Pilgrim adalah principal programmer yang bekerja untuk Sony sejak 2009. Dia telah menghabiskan waktunya mendukung arsitektur Zen generasi pertama yang terdaftar dengan kode “znver1” pada LLVM.

Sony mungkin akan memberikan sedikit bocoran mengenai PlayStation 5 pada Juni 2018 dalam konvensi game E3 2018. Diyakini bahwa Sony tidak akan merilis PlaySation 5 pada acara tersebut mengingat umur dari PlayStation 4 Pro belum genap dua tahun. Walau demikian, setidaknya, Sony akan memberikan sedikit gambaran kepada publik mengenai teknologi apa saja yang akan diusung oleh konsol pengganti PS 4 tersebut nantinya.

 

(dilansir dari laman DIGITAL TRENDS)

Artikel Terkait: