Aplikasi Pembersih Sampah Komputer Paling Ampuh


Share

Kalian pasti jengkel saat Windows 10 kalian di penuhi dengan file yang tidak perlu. Puluhan aplikasi yang mengganggu saat kalian menyalakan komputer dan sampah lain yang memperlambat sistem pasti akan membuat komputer atau laptop kalian kacau dan lag parah. Sangat mengganggu jika hal ini terjadi di saat penting. Untungnya, ada sejumlah aplikasi gratis yang dapat membantu membersihkan Windows kalian.

Disk Cleanup

Tampilan Disk Cleanup Windows

Tampilan Disk Cleanup Windows

Salah satu aplikasi pertama yang dapat kalian coba gunakan untuk mengontrol PC Windows yang berantakan adalah aplikasi Disk Cleanup milik Windows. Aplikasi ini disertakan langsung ke dalam sistem operasi dan gratis untuk kalian gunakan kapan saja. Pada Windows 10, cukup klik Start Menu dan mulailah mengetik “Disk” untuk menjalankan aplikasi. Pilih drive yang kalian rasa penuh dengan sampah. Biasanya sampah tertimbun di dalam drive C. Pilih dan biarkan Disk Cleanup bekerja.

Setelah selesai memindai, Disk Cleanup akan memberi tahu kalian tentang semua jenis file yang dapat kalian hapus dengan aman dari sistem, termasuk cache untuk browser Edge, file dalam Recycle Bin, file sementara sisa dari aplikasi atau pemasangan aplikasi, dan file thumbnail yang mungkin tidak kalian perlukan lagi. Kalian juga dapat mengklik “Bersihkan file sistem” untuk memeriksa sisa aplikasi hasil instalasi Windows yang mungkin menghabiskan ruang pada hard disk.

AdwCleaner

Antarmuka AdwCleaner

Antarmuka AdwCleaner

Toolbar, spyware, dan jenis malware lainnya dapat membuat PC kalian berantakan. Meskipun kalian sudah rajin membersihkan komputer atau laptop kalian, tapi mungkin kalian sering tidak sadar saat ada aplikasi yang meminta untuk di instal secara tiba-tiba. Banyak pengguna yang tanpa sadar menginstal malware dalam komputer atau laptopnya. Efeknya, aplikasi tersebut akan menuntun pada iklan-iklan di situs tidak jelas, atau bahkan memaksa membeli sesuatu.

Untuk sekedar berjaga-jaga akan adanya malware ini, kalian bisa dengan mudah melakukan scan malware. Salah satu apikasi yang baik dalam masalah ini adalah AdwCleaner. Selain gratis, aplikasi ini terhitung sangat ringan dan tidak memerlukan banyak memori di komputer atau laptop kalian.

Steam Cleaner

Tampilan Steam Cleaner

Tampilan Steam Cleaner

Aplikasi yang satu ini khusus bagi kalian para gamer. Kalian mungkin tidak tahu jika toko-toko game online seperti Steam, Origin, Uplay, dan GoG meninggalkan beberapa sampah di hard drive kalian bahkan setelah kalian mencopot game yang sudah selesai dimainkan. Meskipun aplikasi ini disebut “Steam Cleaner,” aplikasi ini melakukan pemindaian yang sangat baik melalui setiap folder instalasi standar layanan dan mengidentifikasi file sisa dari game sebelumnya yang dapat kalian hapus dengan aman. Dengan beberapa pemindaian sederhana, kalian dapat menghemat beberapa gigabyte ruang.(Untuk aplikasi reguler atau bukan game, pertimbangkan untuk menggunakan program seperti Revo Uninstaller untuk memastikan bahwa semua jejak program dihapus secara bersih dari komputer.

Artikel Terkait: