Berlari di Dunia Maya dengan Zwift

Zwift

Share

Jika kalian tidak suka berlari walau hanya berlari di treadmill, aplikasi Zwift mungkin bisa menjadi alat motivasi bagi kalian. Aplikasi tersebut mengajak kalian ke dunia virtual. Berkat perangkat Bluetooth, TV,  serta ponsel ataupun tablet, kalian dapat berjalan dan berlari, menelusuri Pulau Watopia yang dilengkapi dengan pasir, jalan, gunung berapi, hutan, dan pedesaan.

Dengan kehadiran Bluetooth, kalian dapat memonitor detak jantung di layar yang sama dengan lokasi virtual ditampilkan. Agar lebih menyenangkan, pengguna dapat memilih latihan secara acak. Pengguna dapat berlatih workout di jalan raya atau berlari dengan kecepatan tertentu. Kalian dapat berjalan di jalan yang sama seperti jalanan yang biasanya dilalui oleh para pengendara sepeda Zwift.

Kalian membutuhkan lebih dari sekedar treadmill untuk dapat menggunakan Zwift. Kalian perlu menampilkan aplikasi tersebut pada tablet, ponsel, laptop, ataupun TV. Jika kalian cukup beruntung untuk dapat memiliki smart treadmill, kalian juga dapat menampilkan Zwift pada layar smart treadmill tersebut. Lalu, kalian juga memerlukan foot pod, alat yang bisa digunakan untuk memantau kecepatan, jarak tempuh, dan lain sebagainya.

Zwift memerlukan foot pod sebagai alat pendukungfoot pod

Semua sensor perlu dikalibrasi sebelum kalian menggunakan aplikasi berlari ini. Hal tersebut perlu dilakukan agar kalian bisa memperoleh pantauan yang akurat tentang jarak tempuh serta panjang langkah kaki yang kalian lakukan. Memang, tidak ada perintah untuk melakukan hal tersebut di aplikasi ini. Jadi, sebaiknya, kalian memperhatikan hal tersebut.

Ada beragam aplikasi sejenis di luar sana. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah Aaptiv, Nike + Run Club, dan Studio. Perbedaan antara Zwift dengan aplikasi-aplikasi tersebut adalah kalian dapat menggunakan Zwift, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Pesaing utama lainnya dari aplikasi Zwift adalah Peloton Tread. Namun, Peloton Tread hadir dengan harga yang jauh berbeda dengan Zwift, sekitar $ 3.995 AS. Selain itu, aplikasi tersebut juga mengenakan biaya berlangganan per bulan.

Bagi sebagian orang yang benci berlari di treadmill, mencoba aplikasi berlari yang satu ini merupakan tantangan menarik. Pengaturannya atau proses setup aplikasi tersebut tergolong mudah. Jika kalian ingin melacak aktivitas berlari yang kalian lakukan secara akurat maka kalian membutuhkan sebuah foot pod.