Budget Raksasa Shadow of the Tomb Raider


Share

Beberapa minggu lalu, gamers dapat melihat trailer penuh dari game petualangan terbaru yang mengikkuti jejak arkeolog Lara Croft, dengan judul Shadow of the Tomb Raider. Dalam trailer tersebut, ada beberapa hal yang ditunjukkan, termasuk indikasi bahwa game tersebut nantinya akan mengambil tempat di Amerika Tengah/Latin dengan kemungkinan seorang karakter dengan topeng dukun suku Maya atau Aztek, yang menjadi antagonisnya. Kebanyakan gamers akan setuju bahwa kualitas produksi video ini sangat tinggi, dan ini adalh sesuatu yang wajar, karena menurut petinggi studio Eidos Montreal, David Anfossi, anggaran untuk game yang satu ini besar sekali.

shadow of the tomb raider

Baru-baru ini, David Anfossi mengatakan bahwa Shadow of the Tomb Raider memakan biaya antara 75 hingga 100 juta Dolar AS, atau lebih dari 1 trilyun Rupiah, dengan pengeluaran tambahan sekitar 35 juta Dolar AS, atau sekitar 496 milyar Rupiah untuk biaya pemasarannya. Angka ini tidak rinci, tapi kita bisa melihat bahwa gamers memiliki ekspektasi tersendiri bagi game-game besar, alias game kelas Triple A (AAA). Untuk memenuhi ekspektasi dan standar tinggi yang dimiliki gamers pada franchise-franchise besar, maka tidak heran disediakan juga dana yang besar.

shadow of the tomb raider

Anfossi juga menambahkan bahwa bekerja dengan dana yang jumlah bukan main juga memiliki tekanannya sendiri. Studio akan berharap bahwa Shadow of the Tomb Raider akan laku keras, dan menghasilkan pendapatan yang besar. Namun, terlepas dari semua tekanan itu, Anfossi juga mengaku bahwa bekerja dengan dana yang besar sangat menarik, karena tim kreatif memiliki kebebasan dalam mencoba menerapkan hal-hal baru, dan menghadirkan fitur-fitur baru di petualangan Lara Croft yang mendatang ini.

shadow of the tomb raider

Dengan berbagai pertimbangan ini, dapat dimengerti mengapa sebuah permainan seperti Shadow of the Tomb Raider membutuhkan modal yang cukup besar untuk meningkatkan kualitasnya. Bukan hanya karena saat ini, dana untuk membuat video game telah membengkak seiring perkembangan dunia gaming, namun juga franchise Tomb Raider dengan bintang utama Lara Croft, adalah salah satu franchise paling tenar dan memiliki sejarah yang panjang dalam industri game.

Shadow of the Tomb Raider direncanakan untuk rilis pada tanggal 14 September 2018 di PC, PlayStation4, dan Xbox One.

Artikel Terkait: