Chrome Cleanup, Rahasia Dibalik Google Chrome


Share

Google Chrome telah eksis, kurang lebih, selama sembilan tahun. Browser tersebut telah menjadi salah satu mesin penjelajah situs terbaik dan paling populer di dunia. Salah satu alasan mengapa browser tersebut mampu mengalami pertumbuhan  pengguna secara cepat adalah karena fokus Google pada keamanannya. Google menghadirkan Chrome Cleanup untuk tujuan tersebut.

Melindungi pengguna dari malware tetap menjadi prioritas utama Chrome saat ini. Mungkin, kalian tidak sadar kalau software penjelajah tersebut memiliki kemampuan untuk melindungi penggunanya dari ransomware, pembajak, dan hal-hal buruk lainnya yang mampu menyusup melalui browser tersebut.

Percaya atau tidak, Chrome benar-benar dapat memindai seluruh malware yang terdapat di dalam komputer ataupun laptop kalian layaknya softawre antivirus. Berikut ini adalah cara yang bisa kalian lakukan:

  1. Buka Chrome atau buka tab baru jika kalian sudah menjalankan Chrome.
  2. Ketikan “chrome://settings/cleanup” pada address bar yang tersedia. Alternatif tindakan yang dapat kalian adalah dengan mengetikkan “Chrome://”.
  3. Setelah itu, akan muncul tampilan sebagai berikut

Chrome Cleanup

Klik tombol yang ada di bagian bawah tampilan tersebut. Selanjutnya, Chrome akan mulai memindai komputer maupun laptop kalian. Proses deteksi malware yang bekerja di balik layar sebenarnya dilakukan oleh ESET, sebuah perusahaan keamanan TI asal Slovakia yang sangat dihargai.

Patut diketahui bahwa proses pemindaian tidak hanya mencari hal-hal seperti ransomware, Trojan, dan virus lainnya. Google memberikan kebijakan terhadap ESET untuk mencari

  • semua jenis perangkat lunak yang tidak diinginkan yang dapat mencakup aplikasi yang mungkin tidak Anda sadari telah Anda pasang,
  • aplikasi yang mengunggah data Anda ke server jarak jauh tanpa sepengetahuan Anda atau
  • bahkan aplikasi yang tidak jujur ​​tentang apa yang mereka perbuatan.

Google menjabarkan kriterianya pada halaman Chrome jika kalian membutuhkan  informasi lebih lanjut.

Chrome Cleanup adalah fitur tambahan yang mampu memberikan perlindungan tambahan terhadap malware. Jika kalian menggunakan browser keluaran Google untuk menjelajahi beragam situs, sebaiknya lakukan pemindaian setiap saat. Perlu diingat bahwa Chrome Cleanup adalah alat pemindai Malware yang bersifat on-demand. Alat tersebut tidak menawarkan perlindungan real-time seperti software anti-malware pada umumnya.

Artikel Terkait: