Chromebook : Laptop Rasa Tablet Murah


Share

Chromebook adalah laptop dari jenis yang berbeda. Bukannya menggunakan Windows 10 atau macOS, Chromebook justru menjalankan OS Chrome dari Google. Laptop ini dirancang untuk digunakan terutama ketika terhubung ke Internet, dengan sebagian besar aplikasi dan dokumen yang terhubung dengan cloud. Dalam dunia pendidikan, kiprah Chromebook sudah cukup berhasil. Akankah laptop jenis ini menggantikan peran laptop regular dengan windows dan Mac OS? Inilah beberapa pertimbangan bagi kalian sebelum hijrah ke Chromebook.

Aplikasi

Aplikasi Android kini sudah hadir di Chromebook, namun hanya beberapa tipe tertentu yang dapat mengakses Google Play store saat ini. Google terus berusaha untuk memberikan akses Chromebook ke lebih banyak game, opsi produktivitas, dan aplikasi lain untuk meningkatkan fungsi utama laptop ini meskipun aplikasi tersebut tampaknya juga dijalankan melalui emulator dan dengan hasil yang berbeda pada setiap tipenya. Ditambah lagi, tidak semua game Android bisa dijalankan di Chrome OS.

Chromebook 360 dari Dell

Chromebook 360 dari Dell

Penggunaan Offline

Chromebook dirancang untuk sangat bergantung pada internet, yang berarti banyak aplikasi tidak akan berfungsi jika kalian berada di luar jangkauan Wi-Fi. Ada lebih dari 200 aplikasi Chrome offline yang dapat berfungsi tanpa konektivitas Internet, termasuk Gmail, Pocket, dan Google Drive, dan banyak aplikasi Android yang segera hadir juga akan bekerja offline.

Daya Tahan Baterai

Chromebook biasanya menawarkan daya baterai yang luar biasa. Rata-rata daya tahan baterai Chromebook berkisar antara 9 jam dan 15 menit seperti dilansir dari Laptop Mag Battery Test. Tes ini termasuk penggunaan Chromebook untuk yang browsing Web secara berkelanjutan melalui Wi-Fi.

Spesifikasi

Karena Chromebook diciptakan untuk penggunaan online, spesifikasinya jelas tidak sehebat laptop Windows. Untuk RAM, Chromebook hadir dengan pilihan 2GB atau 4GB RAM. Tipe RAM 4GB sangat berpengaruh dalam hal multi-tasking. Tentu harga yang ditawarkan juga lebih tinggi. Prosesor yang digunakan oleh Chrome OS kalian membantu menentukan seberapa lancar kinerja Chromebook kalian. Kinerja prosesor akan diuji terutama saat kalian memiliki beberapa tab yang terbuka sekaligus streaming video atau bermain game. Kebanyakan dari Chromebook menggunakan Intel Celeron yang dirasa cukup untuk mengatasi kegiatan aktif kalian. Sedangkan untuk ukuran penyimpanan, sebagian besar Chromebook hadir dengan kapasitas penyimpanan hanya 16GB. Kapasitas tersebut dirasa cukup mengingat Chromebook memang dibuat untuk mendukung penyimpanan Cloud.

Harga

Mengingat spesifikasi yang ditawarkan, Chromebook umumnya dibanderol pada kisaran harga 4-5 jutaan. Banyak produsen seperti ASUS, Dell bahkan Google sendiri mengeluarkan lini khusus untuk jajaran Chromebook mereka. Kalian bisa mencari Chromebook mana yang sekiranya pas dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Artikel Terkait: