Corsair LL120 RGB dan Corsair RM850x


Share

Kali ini tim Ulasan kedatengan 2 produk Corsair, yaitu Corsair LL120 RGB dan PSU Corsair RM 850x Full Modular. Corsair sendiri punya banyak seri RGB, lalu kenapa harus LL series? Corsair LL series punya tempat khusus dari semua segmen RGB Corsair karena Fan ini punya dual zone lightning. Maksud dual zone lightning itu artinya RGB ada di bagian ring luar dan di bagian pusatnya, jadinya lebih bling-bling dibanding seri RGB lainnya.

Corsair LL120 RGB

1

Untuk setiap kipas LL120 RGB, sesuai namanya memiliki ukuran 120 mm x 120mm dan ketebalan 25mm. Kecepatannya kipas bisa diatur dari 600 sampai 1500 RPM dengan Airflow maksimal 43,25 CFM.  LL120 mempunyai tekanan statis maksimal di 1,61 mm H20 dan memiliki rating kebisingan hingga 24,8 dBA. LL120 juga sudah menggunakan pengaturan PWM 4-pin untuk kecepatan yang lebih presisi.

Hal yang paling unik dari Fan ini adalah mengenai harganya, Corsair LL120 RGB dibanderol dengan harga satuan di enterkomputer Rp.435.000.- tapi kalau beli kit 3 pack, harganya jadi 1 juta 435 ribu rupiah. Selisih harganya itu untuk dapetin Fan Hub dan Lightning Node Pro. Fan Hub sesuai namanya untuk menyambungkan hingga 6 kipas, dan Fan Hub tersebut bisa disambungkan ke Lighnting Node Pro supaya bisa terdeteksi oleh Software Corsair Link, Lightning Node Pro perlu 1 USB 2.0 Port di motherboard, jadi pastikan masih ada port USB 2.0 tersisa sebelum dipasang.

Lalu di dalam Software Corsair Link, perlu ditambahin dulu kipasnya, supaya RGB menyala, Kalau sudah, kalian bisa pilih salah satu dari 16 efek yang tersedia. Pastinya yang terkenal adalah efek Rainbow Wave (Channel Effect). Channel Effect artinya semua kipas pada Channel yang sama bakal sinkron, jadi gak cuman asal RGB warna-warni.

CORSAIR RM850X

2

Selanjutnya kita masuk ke power supply Corsair RM850x, bukan rahasia lagi komponen yang gak boleh dicoba-coba pada PC adalah PSUnya dan faktanya semua komponen yang terhubung pasti secara langsung atau gak langsung nyambung ke PSU. Jadi kalau PSU rusak bisa jadi seperti beli PC baru. Belum lagi kalau ternyata HDD atau SSD juga kena, data kalian bisa ikutan rusak. Lalu kenapa Corsair RM 850x?

Pertama adalah garansinya yang sampai 10 tahun yang artinya Corsair percaya diri kalau produk mereka bakal tahan lama karena kapasitornya 100% buatan Jepang. Kedua adalah efisiensi daya yang bisa sampai 92% karena sudah mengusung rating 80+ Gold. Ketiga adalah fitur-fitur tambahan lainnya, yaitu Zero RPM-Mode yang berarti kipas PSU akan mati kalau daya yang dipakai masih kecil, dan fitur keamanan tambahan seperti: Over Voltage Protection, Over Current Protection, Over Temperature Protection, dan Short-Circuit Protection.

Lalu apa aja sih yang ada di dalam kotak penjualannya? Sudah pasti ada 1 PSU Corsair RM 850x yang disimpan rapi oleh bungkus kain. Karena Corsair RM 850x itu Full Modular, komponen lainnya juga disimpan terpisah di dalam tas lainnya supaya mempermudahkan penyimpanan. Di dalamnya ada 1 ATX Cable 24-pin, 2 EPS Cable 4+4 pin, 6 PCIe Cable, 10 Sata Connectors, 8 Molex Cable, plus 1 Floppy Drive Adapter. Susunannya yang Full Modular berarti Cable Management PSU ini bakal lebih sederhana dan mempermudah perakitan PC karena kabel yang tidak terpakai bisa disimpan dalam tas yang disediakan.

Artikel Terkait: