Data Pengguna Harian Facebook Stories Mencapai Ratusan Juta

Facebook Stories

Share

Setelah 14 bulan tidak ada kabar apapun sejak peluncurannya, Facebook Stories akhirnya mengumumkan  bahwa mereka memiliki 150 juta pengguna aktif setiap hari. Sekarang, perusahaan mencoba untuk mendapatkan uang dari layanan tersebut. Facebook akan mulai menguji iklan pertamanya di minggu ketiga bulan Mei 2018 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Brasil.

Durasi dari iklan berkisar antara lima hingga lima belas detik. Di dalam iklan tersebut, tidak ada tombol “call to action” atau tautan link yang dapat diklik oleh pengguna. Hal tersebut, baru akan diadakan dalam beberapa bulan mendatang. Selain itu, pengguna memiliki pilihan untuk mengabaikan iklan yang ada apabila mereka menginginkannya.

Dengan Facebook Stories, pengiklan dapat dengan mudah memperluas iklan Instagram Stories mereka ke Facebook Stories.

Facebook berencana memberikan para pemilik bisnis suatu alat ukur untuk menilai kinerja Stories mereka. Facebook melakukan hal tersebut sebagai upaya untuk meyakinkan para pemilik bisnis bahwa iklan berbayar tersebut sepadan dengan uang yang perlu mereka kucurkan.

Facebook harus mulai memonetasi layanan Stories agar bisnisnya dapat berkembang. Chief Product Officer Facebook, Chris Cox, mengatakan bahwa jumlah Stories mampu mengungguli jumlah posting dalam beberapa tahun ke depan. Mark Zuckerberg memperingatkan Facebook untuk memastikan bahwa beriklan pada Stories sama baiknya dengan beriklan pada feed. “Jika Facebook tidak melakukan hal tersebut dengan baik maka itu dapat merugikan bisnis kita” ungkap CEO Facebook.

Pertanyaan mengenai fitur Stories adalah bagaimana cara Facebook mendefinisikan pengguna harian dari fitur tersebut. Facebook menyatakan bahwa definisi dari para pengguna Facebook Stories adalah mereka yang melihat Story baik dari aplikasi maupun situs Facebook. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah apakah Story yang telah diunggah di platform lain, seperti Instagram atau Messenger, dan diunggah kembali di Facebook Stories diperhitungkan juga oleh Facebook. Apabila jawabannya adalah ya, maka jumlah pengguna akan ada mengalami gelembung angka.

Berikut adalah detail mengenai jumlah pengguna harian Stories dan jumlah total pengguna bulanan di seluruh platform populer berdasarkan ukuran:

  1. WhatsApp Status: 450 juta pengguna harian dari 1.5 miliar pengguna bulanan (data pada Mei 2018)
  2. Instagram Stories: 300 juta pengguna harian dari 800 juta pengguna bulanan (data pada November 2017)
  3. Snapchat secara keseluruhan: 191 juta pengguna harian (data pada Mei 2018)
  4. Facebook Stories: 150 juta pengguna harian dari 2.2 miliar pengguna bulanan (data pada Mei 2018)
  5. Messenger Day/Stories: 70 juta pengguna harian dari 1.3 miliar pengguna bulanan (data pada September 2017)

Facebook Stories vs kompetitor

sumber: techcrunch.com

Artikel Terkait: