Dollar Makin Naik, Kapan Beli PC Baru?


Share

Kurs US Dollar terhadap Rupiah telah menembus Rp 14.000 dan telah mencapai Rp 14.200. Bagi gamer ataupun pengguna komputer yang ingin membeli komponen PC baru, hal ini merupakan momok yang menakutkan sekali, karena harga komponen PC pasti akan meningkat drastis.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk membeli PC baru? Apakah harus menunggu kurs US Dollar kembali turun?

Kami menyarankan untuk segera membeli komponen PC baru, karena Rupiah sedang melemah dan hal ini tidak akan segera membaik dalam 1 hingga 2 bulan ke depan. Berikut sejumput penyebab kenaikan Kurs US Dollar terhadap Rupiah:

  • The Fed atau bank sentral Amerika menaikkan suku bunga acuan yang menyebabkan arus US Dollar masuk kembali ke Amerika Serikat karena banyaknya investasi yang ditanamkan di pasar modal Amerika Serikat, sehingga tidak hanya Indonesia saja yang terkena dampak ini.
  • Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok membuat ekonomi dunia bergejolak yang membuat mata uang negara lain menjadi melemah.
  • Lebaran juga menjadi efek penentu peningkatan harga, karena perusahaan memberikan THR pada karyawannya, sehingga banyak penjual online memberikan “promo diskon” untuk produknya.
  • Turunnya USD juga harus menunggu pasar stabil juga, barang yang diimpor saat kurs dollar sedang tinggi tentu akan lebih tinggi, hal ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar sebulan jika Rupiah kembali menguat dibawah Rp 14.000 lagi.

 

 

Jika kalian ingin menunggu kurs US Dollar stabil untuk membeli PC baru, kami menyarankan untuk menunggu hingga tahun depan. Karena produk-produk terbaru dari NVIDIA (GTX 11xx), AMD (Zen 2 dan Navi), dan Intel (Cannon lake) akan rencananya dirilis untuk umum pada tahun 2019, sehingga PC baru kalian tidak ketinggalan zaman.

Jika kalian ingin membeli PC baru, lakukan sebelum Lebaran di toko-toko kesayangan kalian. Untuk saat ini kalian bisa membangun PC mulai dari 5 jutaan saja dan bisa di upgrade saat kalian memiliki uang lebih di lain waktu.