Firefox Mampu Menangkal Hantu Penambang Cryptocurrency

Firefox

Share

Mozilla berencana untuk melakukan improvisasi terhadap tracking protection pada Firefox 63 yang akan dirilis pada Oktober 2018. Pada rilis tersebut, tracking protection akan diaktifkan pada mode default. Selain itu, perusahaan pun akan memberikan perlindungan tambahan terhadap cryptomining website. Beberapa situs memiliki kemampuan untuk menggunakan CPU kalian untuk aktivitas penambangan cryptocurrency. Hal itu dapat terjadi tanpa sepengetahuan kalian. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengaktifkan proteksi tersebut pada saat fitur tersebut dirilis oleh Mozilla. Kalian tidak ingin bukan ada pihak yang memanfaatkan CPU kalian sedangkan mereka tidak memberikan keuntungan apapun kepada kalian? Oleh sebab itu, Mozilla akan melengkapi Firefox dengan penangkal “hantu” penambangcryptocurrency yang ingin mencoba meraup keuntungan sepihak.

Tracking protection akan memblokir cross-site tracking cookies yang mampu mengumpulkan data pengguna dan membagikannya dengan situs lain. “Kalin tanpa sadar sering diikuti oleh skrip yang mampu mengumpulkan data tentang di lokasi mana kalian berada dan apa saja yang telah kalian lakukan,” ungkap Mozilla dalam suatu blog post. “Skrip tersebut dapat mengkonsumsi data yang kalian miliki secara boros. Jika itu terjadi maka hal itu akan memperlambat pengalaman kalian berinternet. Selain itu, kalian akan melihat iklan yang mungkin tidak kalian inginkan. Iklan tersebut akan menampilkan suggested items.

Tracking protection akan menghentikan proses dari skrip-skrip tersebut. Hal tersebut bukan hanya baik bagi aktivitas menjelajah internet tetapi juga baik untuk melindungi pengguna dari pelacakan berbahaya serta ancaman-ancaman buruk lainnya. Selain itu, pengguna internet pun akan terjaga dari aktivitas penambangan cryptocurrency yang tak kasat mata.

Mozilla bukan hanya berencana untuk mengaktifkan perlindungan pelacakan secara default tetapi juga menambahkan beberapa elemen user interface (UI). UI tersebut akan mempermudah pengguna untuk mencari pengaturan pengaktifan maupun penonaktifan perlindungan yang telah dijelaskan. Dengan UI yang baru, pengguna tidak perlu mengakses halaman “Settings” hanya untuk melakukan hal tersebut.

Tracking protection yang pada Firefox  saat ini mampu mencegah cookie dari iklan, skrip dari social sharing, dan tindakan analisa dari suatu situs. Namun, apabila kalian mencoba untuk memblokir situs crypto mining maka itu tidak akan berhasil.

 

(dilansir dari TechRepublic)

Artikel Terkait: