Fitur Sleep Mode pada Facebook Messenger Kids Bagian Pertama (1/2)

Facebook Messenger Kids

Share

Facebook Messenger Kids, aplikasi jejaring sosial untuk berkirim pesan bagi mereka yang masih berusia di bawah tiga belas tahun. Didesain bagi orang tua agar dapat memiliki kendali lebih terhadap daftar kontak anak-anak mereka. Sekarang, aplikasi tersebut juga dilengkapi fitur baru yaitu ”sleep mode”. Tujuan dari aplikasi tersebut adalah memberikan orang tua kemampuan untuk mematikan aplikasi pada waktu tertentu. Aplikasi ini mengajak orang tua dan anaknya untuk mendiskusikan kapan waktu yang tepat untuk berkirim pesan dengan teman dan keluarga serta kapan saatnya untuk melakukan kegiatan lain. Contoh dari kegiatan lainnya adalah mengerjakan tugas atau tidur.

Aplikasi ini diluncurkan pada Desember tahun lalu dan memunculkan banyak dengan kontroversi.

Beberapa orang menganggapnya sebagai candu bagi kepentingan Facebook. Sebagian yang lain berkata “Anak-anak perlu bermain di luar ruangan.” Seakan-akan, anak-anak tidak beraktivitas dan hanya memainkan ponsel saja. Tentu, di tengah skandal kerahasiaan data yang diakui oleh Facebook, sulit rasanya bagi sebagian orang tua untuk memasang aplikasi yang dikendalikan oleh Facebook pada ponsel atau tablet anak-anak mereka.

Namun pada kenyataannya, saat mengasuh anak, mereka tetap saja berkirim pesan. Orang tua merasa putus asa dalam mencari alat yang tepat untuk mengurangi aktivitas anak yang satu itu.

Alih-alih membuat aplikasi untuk menjawab kebutuhan orang tua dan anaknya, anak-anak malah membuat kesalahan dengan mengutak-atik aplikasi tersebut dan kemudian, orang tua mengambil ponsel atau tablet mereka sebagai bentuk hukuman.

Faktanya, sulit bagi anak untuk segera sikat gigi. Mereka asik bertatap muka dengan orang lain secara virtual, asik berkirim pesan dengan kakek-neneknya, asik menonton YouTube dibandingkan televisi, dan mencoba aplikasi dewasa layaknya Snapchat dan Music.ly. Aplikasi tersebut jelas bukan konten yang pantas untuk anak-anak. Serius, adakah seseorang yang dapat meluncur aplikasi seperti yang telah disebutkan namun ramah terhadap anak? Sebelum kehadiran Facebook Messenger Kids, orang tua tidak memiliki pilihan aplikasi sosial maupun aplikasi berkirim pesan yang dibangun dengan fitur pengawasan dan edukasi.

Facebook Messenger Kidssumber gambar: techradar.com

 

(dilansir dari techradar.com)

Artikel Terkait: