Google Resmi Menghajar Apple dan Spotify dengan YouTube Music

YouTube Music

Share

YouTube Music akhirnya resmi dirilis. Aplikasi tersebut sangat menakjubkan. Ulasan.id sebelumnya telah memberikan sedikit bocoran mengenai aplikasi tersebut. Kini, mari kita bahas lebih dalam mengenai layanan music streaming dari Google tersebut.

YouTube Music adalah aplikasi yang luar biasa simpel. Saat kalian membuka aplikasi tersebut, entah pada Android, iOS, maupun browser, kalian akan menemukan tampilan tema berwarna gelap. Hal tersebut menjadikan aplikasi tersebut terlihat tidak cantik tetapi fungsional. Terdapat tiga tab yaitu “Home”, “Hotlist”, dan “Library” serta search bar di bagian paling kanan.

Library adalah tempat dimana kalian bisa menemukan semua lagu yang telah kalian unduh, lagu yang telah kalian simpan, lagu yang terakhir kali dimainkan, playlist, semua lagu yang kalian sukai, dan artis yang kalian subscribe. YouTube membuat struktur subscribe dari artis yang kalian ikuti tetap sama seperti pada versi video dari layanan tersebut.

Satu hal yang tidak ada dalam Library adalah fitur “Filter”. Padahal Spotify dan Apple Music memiliki fitur tersebut. Fitur tersebut sangat bermanfaat bagi kalian memiliki katalog musik yang banyak saat kalian ingin melakukan pencarian lagu ataupun album yang kalian inginkan.

Hotlist pada dasarnya adalah halaman yang menunjukan suatu tren yang sedang terjadi pada YouTube Music. Sekarang, semua itu berisi video musik tapi akan berubah di masa yang akan datang. T. Jay Flower selaku Head of YouTube Music mengatakan bahwa Hotlist merupakan tempat yang bisa dikunjungi pengguna untuk melihat tren terkini yang sedang terjadi di wilayahnya.

Home tab merupakan layar utama yang akan terlihat pertama kali saat kalian membuka aplikasi YouTube Music. Di dalamnya, terdapat daftar lagu dan video yang akan terus diperbarui sesuai dengan selera masing-masing pengguna dan tergantung dari lokasi dimana kalian berada. Saat pertama kali kalian mendaftarkan diri pada YouTube Music, kalian akan diminta untuk memilih beberapa artis yang kalian senangi. Selanjutnya, aplikasi tersebut akan melakukan proses penyesuaian.

Spotify dan Apple Music tidak meminta informasi mengenai lokasi dimana kalian berada. Sedangkan YouTube Music meminta hal tersebut.

Bagaimana, siap menjadikan YouTube Music sebagai pemenang?

 

(dilansir dari laman THE VERGE)

Artikel Terkait: