Lyft Mencoba Peruntungan Baru

Lyft

Share

Lyft adalah startup yang menyediakan layanan berbagi transportasi asal Amerika Serikat. Perusahaan tersebut tampaknya berencana untuk menjadikan skuter listrik menjadi bagian dari layanannya. Perusahaan ini sedang berusaha untuk memperoleh izin menjalankan layanan skuter listrik di San Francisco, menurut laporan dari theinformation.com. Beberapa perusahaan seperti Bird, Lime dan Spin sudah memiliki layanan skuter serupa untuk digunakan di jalanan perkotaan. Namun, apa yang dilakukan oleh Lyft mampu mengubah peta persaingan secara drastis, membuka peluang besar akan hadirnya merek-merek ternama.

Belum ada regulasi yang mengatur layanan skuter listrik berbayar. Hal tersebut menyebabkan banyak kegaduhan di tengah penduduk kota. Tidak seperti kebanyakan sistem layanan berbagi sepeda, pengguna layanan skuter tidak perlu menyimpan kembali skuter yang telah digunakan pada tempat khusus skuter. Pengguna bisa meninggalkan skuter di mana saja. Pengguna yang tidak peduli dengan lingkungan disekitarnya bisa saja menempatkan skuter tersebut di trotoar dan menyebabkan penghalang bagi pengguna jalan lainnya. Banyak pengguna skuter juga meluncur tanpa helm. Bahkan, beberapa diantara mereka menggunakan skuter di trotoar.

Kota San Fransisco sedang menangani permasalahan tersebut. Ke depannya, perusahaan yang ingin menjalankan layanan skuter berbayar perlu mendapatkan izin dan mematuhi beberapa ketentuan. Perusahan tersebut harus membuktikan bahwa mereka telah mengingatkan para penggunanya untuk mengenakan helm dan menggunakan skuter di jalan yang semestinya. Selain itu, perusahaan juga harus mengajari pengguna tentang cara memarkirkan skuter yang baik dan benar. Pemerintah Kota San Fransisco akan mengeluarkan izin yang berlaku selama satu tahun. Jumlah izin yang akan dikeluarkan berjumlah lima. Perusahaan yang telah mendapatkan izin diperbolehkan memiliki 1.250 skuter secara keseluruhan di jalanan Kota San Francisco. Proses aplikasi perizinan dimulai pada minggu keempat bulan Mei tahun 2018.

Seorang konsultan yang bekerja untuk Lyft dikabarkan tengah berkomunikasi dengan pejabat setempat mengenai permohonan izin. Sementara itu, Lyft sedang membuat prototipe skuter. Meski demikian, apa yang dilakukan perusahaan tersebut masih berada pada tahap awal. Program percontohan Kota San Fransisco bisa saja gagal. Jika pejabat setempat memutuskan untuk menghentikan program percontohan tersebut maka Lyft perlu mengemas skuter-skuternya.