Bagaimana Caranya Menjadikan MacBook Rasa Desktop untuk Gaming

Razer Core X

Share

Razer melakukan update terhdapat jajaran produk seri “Core”. 22 Mei 2018, Razer memperkenalkan Razer Core X terbaru dan memberikan dukungan terhadap laptop MacBook Pro dari Apple dengan port Thunderbolt 3. Razer Core X mampu memberikan tampilan kelas desktop untuk laptop kalian secara instan. Kalian tidak perlu lagi melakukan reboot saat ingin menghubungan laptop kalian dengan grafik eksternal. Razer Core X bersifat plug-and-play.

Core X merupakan Graphic Processing Unit (GPU) eksternal dari Razer yang diperuntukan bagi segmen entry level. GPU eksternal tersebut dibanderol seharga $ 299 AS. Dengan harga tersebut, beberapa fitur canggih yang terdapat pada Core V2 pun ditiadakan. Fitur yang dimaksud adalah USB port, ethernet port, dan Chroma lighting khas Razer. 

Walau demikian, Core X memiliki kelebihan dibandingkan Core V2. Core X dilengkapi dengan power supply berkapasitas 650 watt sedangkan power supply Core V2 berkapasitas 500 watt. Dengan kapasitas sebesar itu, kalian bisa bermain tanpa gangguan berkat kinerja yang maksimal. Selain itu, Core X memiliki lebih banyak slot untuk GPU dibandingkan dengan slot serupa pada Core V2 yang hanya berjumlah 2 port. Selebihnya, entry level GPU ini dapat melakukan pengisian daya melalui Thunderbolt port. Koneksi Thunderbolt 3 (USB-C) antara laptop dan Razer Core X mampu menghasilkan kecepatan hingga 40 gigabyte per seccond (Gbps). Adapun hal yang tak kalah penting lainnya adalah Core X dilengkapi pendingin tambahan serta ventilasi terbuka pada bodi aluminiumnya untuk menghasilkan kinerja termal yang optimal..

Selain mendukung Windows 10, baik Core X maupun Core V2 juga mampu bekerja pada laptop macOS keluaran Apple. Namun sayangnya, kedua GPU tersebut hanya mampu berjalan pada sistem operasi High Sierra 10.13.4 atau yang lebih tinggi dari itu dan perlu dilengkapi dengan kartu grafis  AMD Radeon yang kompatibel dengan Mac. Kartu grafis Nvidia juga sebenernya dapat digunakan untuk penggunaan Core X maupun Core V2. Namun, di atas kertas, performa AMD jauh lebih baik dibandingkan Nvidia. Jadi, AMD lah yang direkomendasikan.

 

(dilansir dari laman THE VERGE)

Artikel Terkait: