MPGL DotA 2


Share

Setelah lebih dari setahun, sekarang salah satu ajang esports paling bergengsi Asia Tenggara siap untuk dibuka kembali. MET mengumumkan kembalinya liga esports andalan mereka, Mineski Pro Gaming League, atau lebih dikenal dengan MPGL.

Berdiri pada tahun 2010, awalnya MPGL disusun untuk mempersiapkan gamers profesional Filipina untuk bersaing di ajang kompetisi internasional. Setelah berhasil mencapai misi tersebut, ajang MPGL kemudian dikembangkan agar memiliki peran lebih besar dalam dunia Esports Asia Tenggara, dengan puncaknya pada kejuaraan Asia Tenggara 2016.

Saat ini, kompetisi MPGL telah menjadi ajang yang besar dengan sejumlah tim esports profesional yang mewakili 11 negara.

mpgl dota 2

Dalam beberapa bulan terakhir, organisasi induk MPGL, yaitu MET, telah berkoordinasi dengan sejumlah mitra lokal di beberapa negara dalam rangkan membantu terwujudnya Liga Nasional mereka. Hal itu dilakukan untuk menemukan pemain-pemain DotA yang paling menjanjikan dan paling berbakat dari negara masing-masing.

Indonesia dengan IPGL dan Malaysia dengan MESL adalah dua negara pertama yang telah meluncurkan Liga Nasional mereka. Tidak lama setelahnya, Thailand dan Vietnam juga memulai Liga Nasional mereka, yaitu TEPL dan VPGL. Tidak hanya empat negara tersebut, Filipina, India, Australia, Kamboja, Singapura, Myanmar dan Laos juga telah mengadakan Liga Nasional mereka masing-masing.

Para pemenang dari Liga Nasional di negara-negara tersebut, akan berhak untuk ikut serta dalam musim kompetisi reguler MPGL di kejuaraan Asia. Kompetisi tersebut akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

mpgl dota 2

Menurut Danny Chang, yang menjabat sebagai General Manager MET, MPGL telah dimodifikasi dan disusun ulang untuk bisa mengikuti perkembangan Pro Circuit Valve. Langkah tersebut dilakukan karena dunia esports DotA 2 terus berkembang seiring jalannya waktu, sehingga ajang MPGL pun perlu memiliki inovasi yang sesuai agar tetap relevan bagi komunitas DotA 2 di Asia Tenggara.

Chang menambahkan bahwa kompetisi MPGL yang akan datang telah didesain untuk membantu para kompetitor untuk bersaing dengan lebih baik di panggung Asia dan dunia internasional. Kompetisi tersebut dirancang untuk membantu perkembangan para pemain, dari babak kualifikasi lokal, ke Liga Nasional, hingga ke tahap kejuaraan Asia MPGL

Artikel Terkait: