Otot Origami Buatan Yang Sanggup Angkat Beban 1000 Kali Lipat


Share

Bisakah seekor bebek mengangkat mobil? Ini bukanlah pertanyaan jebakan. Jawabannya, tentu saja tidak. Bebek tidak akan pernah cukup kuat untuk mengangkat mobil. Bagaimana jika si bebek berhasil melakukannya? Seekor bebek kecil berhasil mengangkat Honda Civic 2001.

Tentu saja ini semua berkat kekuatan dari otot buatan. Seperti dilansir Forbes, para peneliti telah mengembangkan otot buatan yang dapat memberikan kekuatan yang setara dengan bebek yang mengangkat mobil. Atau, dengan kata lain, otot-otot ini mampu mengangkat 1.000 kali berat badan mereka sendiri. Namun, otot-otot buatan ini tetaplah halus bentuknya. Bahkan, mereka cukup tangkas untuk menggenggam dan menaikkan bunga.

Bahan otot buatan yang sangat murah

Bahan otot buatan yang sangat murah

Dirancang oleh para peneliti di MIT Computer Science dan Artificial Intelligence Lab (CSAIL) dan Harvard’s Wyss Institute, otot-otot robot dapat dibentuk dalam waktu sekitar 10 menit dan hanya menghabiskan biaya sekitar satu dolar. Para peneliti menemukan kunci unik yang membantu baik dalam struktur dan efisiensi sistem: Origami. Seni melipat kertas kuno inilah yang mengilhami struktur cairan dan lentur otot-otot. Teknik Origami memungkinkan untuk desain yang rumit dengan biaya rendah, menciptakan sistem 2.6-gram dengan biaya pemeliharaan rendah, yang dapat mengangkat objek 3-kilogram dengan hanya didukung oleh tekanan air atau udara. Dalam studi yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences of Amerika Serikat (PNAS), para peneliti mengusulkan “sebuah arsitektur untuk otot buatan yang terinspirasi origami yang terinspirasi fluida. Konsep ini hanya membutuhkan kerangka kompresibel, kulit yang lentur, dan media cairan… Eksperimen mengungkapkan bahwa otot-otot ini dapat berkontraksi lebih dari 90% panjang awal mereka, menghasilkan tekanan ∼600kPa, dan menghasilkan kepadatan daya puncak lebih dari 2 kW / kg — semua sama dengan, atau lebih dari, otot alami. ”

Bentuk awal otot buatan

Bentuk awal otot buatan

Pada dasarnya, otot robot ini terdiri dari struktur rangka yang terlipat di dalam kantong kulit tertutup yang kemudian diisi dengan udara atau cairan. Otot-otot ini dapat dirancang dari berbagai bahan, tergantung pada penggunaan atau tampilan yang diinginkan. Sistem ini dirancang untuk memendek, meringkuk, dan membengkok menjadi bentuk tertentu saat dikompresi. Dengan menggunakan ruang hampa, kantong bisa mengempes dan berubah bentuk, menciptakan ketegangan yang diinginkan.

Lalu bagaimana robot ini dimanfaatkan?

Ketika orang berpikir tentang robot, pikiran mereka mungkin akan tertuju pada makhluk yang dingin, keras, dan kaku. Secara historis, robot dibangun dengan cara itu karena konstruksi tersebut memberi mereka kekuatan. Namun, bagian yang lunak dan fleksibel membuat robot menjadi lebih luwes, meningkatkan kemampuan navigasi dan interaksi manusia. Nantinya, Robot fleksibel ini akan di aplikasikan dalam banyak bidang penting, seperti bantuan bencana dan bantuan bedah. Sekarang, dengan desain origami baru ini, keseimbangan ketangkasan dan kekuatan mungkin telah tercapai. Ada banyak cara kekuatan baru ini dapat diterapkan: konstruksi luar angkasa, eksoskeleton yang bisa dipakai untuk mengangkat benda berat, probe laut dalam, bahkan tugas-tugas sepele seperti mengangkat peti atau benda-benda rumah tangga. Untuk melihat videonya, silahkan klik disini.

Artikel Terkait: