Persaingan Seru, Evernote vs OneNote

Evernote vs OneNote

Share

Salah satu keuntungan dari digitalisasi informasi adalah kita dapat menyimpan berbagai jenis data yang berbeda. Rekaman video serta rekaman suara dapat disimpan secara berdampingan dengan surat, foto, kuitansi, maupun faktur-faktur. Tidak perlu lagi menyimpan semua itu pada buku besar atau folder tradisional secara terpisah atau pada media penyimpanan fisik lainnya seperti kaset, CD, DVD, dan lain-lain.

Jika kalian ingin mengakses file melalui smartphone atau tablet dimana pun kalian berada maka kalian perlu menaruh salinannya secara online. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengunggah file yang diinginkan ke layanan penyimpanan online layaknya Dropbox, MicrosoftOneDrive, Google Drive, atau apa pun. Namun, kalian tetap memerlukan program yang berbeda untuk format file berbeda.

Alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan layanan seperti Microsoft OneNote atau Evernote. Usaha Kecil Menengah yang menggunakan salah satu dari kedua layanan tersebut dapat menciptakan lingkungan yang paperless.

Pertanyaannya adalah mana yang paling baik diantara kedua aplikasi tersebut? OneNote vs Evernote telah lama menjadi perdebatan panas. Bagaimana pun, masing-masing layanan menawarkan produk yang berbeda. Oleh karena itu, masing-masing layanan memiliki keunggulan tersendiri. Jika kalian ingin menyimpan halaman suatu website dan membagikan catatan maka Evernote, jelas, adalah pemenangnya.

Evernote vs OneNote

OneNote mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk para pelaku bisnis karena struktur hierarkisnya yang dapat diperluas secara tak terbatas. Kalian dapat membuka notebook sebanyak yang kalian inginkan dan kalian dapat memberikan  nama untuk masing-masing notebook yang ada. Di dalam notebook, kalian dapat membuat tab sebanyak apapun untuk proyek yang berbeda. Di dalam setiap tab, kalian dapat membuat halaman yang tak terbatas.

Baik OneNote maupun Evernote tersedia dalam bentuk web application gratis. Oleh sebab itu, kalian dapat mencobanya untuk mencari tahu mana yang paling cocok bagi kebutuhan kalian. Cukup dengan membuat suatu akun email pada Outlook.com untuk memiliki akses ke OneNote. Kalian tidak perlu menginformasikan nama asli kalian atau detail informasi pribadi lainnya. Aplikasi tersebut memberikan kalian kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB. Jika kalian memerlukan ruang penyimpanan yang lebih dari angka tersebut maka kalian bisa meningkatkan kapasitas hingga 50 GB. Namun, untuk kemampuan menampung file sebesar itu, kalian akan dikenakan biaya bulanan.