Bahaya! Pesan Whatsapp Ini Bisa Bikin Smartphone Android Rusak

Bahaya! Pesan Whatsapp Ini Bisa Bikin Smartphone Android Rusak

Share

Whatsapp yang merupakan media social serbaguna ini sedang banyak diminati oleh masyarakat. Selain untuk kebutuhan chating, whatsapp juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Whatsapp juga tidak memakan ram dalam jumlah besar, berbeda sekali dengan BBM, messanger, instagram, dan medsos lainnya. Tapi baru-baru ini, banyak pengguna whatsapp yang mengeluh. Keluhan ini disebabkan adanya kiriman pesan berantai di whatsapp yang bisa membuat aplikasi whatsapp error, bahkan smartphone pun juga bisa hang. Hal ini tentu sangat meresahkan para pengguna setia whatsapp. gawat, pesan whatsapp ini bisa bikin smartphone android rusak.

Ternyata, pesan whatsapp ini bisa bikin smartphone android rusak. Beberapa minggu yang lalu beredar sebuah pesan whatsapp berupa simbol bola hitam (black dot of death) yang jika disentuh bisa membuat whatsapp error atau hang. Awalnya, para masyarakat beranggapan bahwa pesan tersebut hanyalah hoax. Tapi ternyata tidak, pesan berisi bola hitam tersebut terbukti menyebabkan whatsapp error jika disentuh. Ada juga sebuah pesan yang memiliki simbol tersembunyi diantara spasi. Ketika pengguna whatsapp menyentuh salah satu dari bagian pesan tersebut. Simbol yang tersembunyi tersebut, kemudian akan meluas memenuhi layar. Seketika whatsapp atau smartphone akan hang dan mati.

Bahaya, Pesan Whatsapp Ini Bisa Bikin Smartphone Android Rusak

Pesan tersebut bisa berupa, teks sederhana dalam kutipan yang berbunyi “Ini sangat menarik,” dengan emoji “Tertawa hingga mengeluarkan air mata”. Simbolnya tersembunyi dan terletak di antara emoji dan tanda kutip pada pesan text tersebut. Berdasarkan beberapa informasi yang tersebar, pesan-pesan ini bisa menyebabkan whatsapp atau smartphone hang. Dikarenakan dalam pesan text tersebut terdapat karakter dalam format kode pemrograman ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Maksudnya dalam pesan itu sebenarnya tersembunyi ribuan karakter berupa simbol, huruf, dan angka. Pada whatsapp normal, ketika seseorang mengirim pesan yang panjang akan terdapat tulisan ” read more”. Hal ini berfungsi agar whatsapp hanya akan menayangkan sedikit karakter dalam waktu singkat. Sedangkan pada pesan berantai yang beredar, whatsapp dipaksa untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin. Hal inilah yang  membuat kinerja aplikasi tersebut menjadi sedikit terganggu dan mengalami crash bahkan membuat smartphone menjadi hang.

Nah itulah beberapa informasi seputar pesan whatsapp ini bisa bikin smartphone android rusak. Untuk mengatasi permasalahan ini, para pengguna whatsapp cukup mengabaikan pesan-pesan yang dirasa mencurigakan. Dengan begitu, whatsapp dan smartphone kalian bisa aman. Sambil menunggu tindakan pihak whatsapp untuk mengatasi permasalahan ini.

Artikel Terkait: