Putar dan Hentikan YouTube dengan FacePause

Putar dan Hentikan YouTube dengan FacePause

Share

Pernah tidak kalian mengalami keadaan dimana saat sedang asyik-asyik menonton salah satu web series di YouTube sambil leyeh-leyeh, tiba-tiba orang tua, kakak, adik, ataupun pasangan datang mengganggu untuk sekedar mengobrol atau menunjukan sesuatu yang mungkin saja tidak terlalu bagi kalian? Terus, saat kalian sedang meladeni mereka, kalian tidak sadar kalau bagian film yang seru-serunya terlewat begitu saja. Alhasil, kalian perlu memutar ulang filmnya dari bagian terakhir kali kalian lihat karena kalian lupa menekan tombol pause saat momen mengganggu tersebut tiba. Nah, dengan FacePause, masalah tersebut dapat diatasi.

FacePause merupakan ekstensi yang dapat dipasang pada Google Chrome. Ekstensi tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi wajah kalian saat kalian sedang membuka YouTube dengan menggunakan Google Chrome. Ekstensi tersebut akan mendeteksi apakah kalian sedang menatap monitor atau tidak. Apabila ekstensi tersebut mendeteksi bahwa kalian sedang tidak menatap layar maka ekstensi tersebut dengan otomatis akan menunda tayangan YouTube yang sedang kalian putar.

Namun, pada sebuah percobaan, ternyata ekstensi tersebut terkadang tidak berfungsi dengan baik. Sesekali, alat tersebut mengalami kendala untuk melakukan deteksi. Jadi, ada saja momen dimana tayangan YouTube yang diputar tidak tertahan (pause) secara otomatis saat penguji secara mendadak mengalihkan pandangannya dari monitor.

FacePause merupakan proyek yang digagas oleh Mattias Hemmingsson, developer yang berbasis di Berlin, German. Proyek tersebut terinspirasi akan rasa penasaran Mattias Hemmingsson terhadap FaceDetector API bawaan Google Chrome. Developer tersebut pun akhirnya melakukan eksplorasi terhadap FaceDetector API dan akhirnya terciptalah ekstensi tersebut.

FacePause

Agar kalian bisa ingin mencoba ekstensi tersebut, kalian bisa bisa mengaktifkannya melalui chrome web store. Sayangnya, chrome web store hanya tersedia untuk Google Chrome versi desktop maupun laptop. Setelah kalian membuka chrome web store, ketikan FacePause pada search bar. Saat ekstensi tersebut muncul, arahkan kursor pada “ADD TO CHROME” dan kliklah tombol tersebut.

FacePause

Ekstensi tersebut hanya bisa berfungsi apabila kalian mengaktifkan fitur Platform Web Eksperimental Chrome yang dapat diakses melalui chrome://flags/#enable-experimental-web-platform-features . Setelah fitur tersebut diaktifkan, kalian perlu melakukan relaunch terhadap Google Chrome.

Berikutnya, rasakan sendiri fungsi ekstensi tersebut. Apakah ekstensi tersebut berjalan lancar pada desktop/laptop kalian atau tidak. Selamat mencoba.

Artikel Terkait: