Robot Kiwi, Sang Kurir Modern Masa kini

Robot Kiwi

Share

Robot Kiwi dapat dijumpai di segala penjuru markas SkyDeck. Robot tersebut telah dikenal akrab oleh mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Kampus U.C. Berkeley. Keberadaan SkyDeck yang dekat dengan wilayah U.C. Berkeley menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Berkat keadaan tersebut, perusahaan mampu memperoleh akses sumber daya manusia yang tak terbatas.

Tidak seperti startup lainnya yang bergerak pada bidang perangkat keras yang menghabiskan waktu selama bertahun-tahun hanya untuk menginkubasi dan meremajakan produknya, tim Kiwi malah memilih untuk pergi ke San Francisco Bay Area untuk melakukan uji coba produk miliknya.

Felipe Chavez Cortes selaku co-founder dan CEO dari SkyDeck menuturkan bahwa perusahaan telah memenuhi 10.000 pesanan lebih. Jumlah pesanan tersebut diantarkan oleh robot-robot pengantar milik perusahan.

Padahal, pada Desember 2018, pemerintah Kota San Francisco memberlakukan pelarangan terhadap penggunaan robot. Robot pengantar dilarang melintasi jalanan perkotaan tersebut karena dikhawatirkan akan mengambil alih trotoar maupun ruas jalan kendaraan. Banyak robot serupa dari para pesaing SkyDeck memilik ukuran yang lebih besar dari Robot Kiwi. Oleh sebab itu, robot dari pesaing sering kali menyita ruas yang ada. Namun tidak demikian dengan Robot Kiwi.

Robot Kiwi

Cortes mengatakan bahwa perusahaannya perlu menciptakan robot pengantar yang mampu berinteraksi baik dengan orang-orang di sekitarnya. Itu sebabnya, perusahaan dimana Cortes berkarir memproduksi beberapa jenis ukuran robot. Itulah yang membedakan antara Robot Kiwi dengan robot yang lainnya.

SkyDeck tidak bergantung pada satu jenis ukuran robot untuk melakukan berbagai pengantaran. SkyDeck memiliki beberapa ukuran robot pengantar untuk keperluan yang berbeda. Contohnya, robot kecil beroda empat didesain hanya untuk mengantarkan pesanan yang berjarak beberapa ratus meter saja.

Robot Kiwi

“Kami mengawali ini semua dengan hanya satu robot untuk mengantarkan pesanan dari suatu restoran ke rumah pemesannya. Dari situ, kami menemukan bahwa itu tidak efisien,” sambung Cortes.

Robot Kiwi hadir dengan tiga ukuran yang berbeda. Robot pertama diperuntukan bagi penggunaan di dalam restoran atau tempat makan. Robot kedua merupakan sepeda roda tiga semi otomatis. Adapun robot ketiga mampu menempuh perjalanan sejauh beberapa mil.

(dilansir dari laman TechCrunch)

Artikel Terkait: