Tips Bikin Windows 10 Ngebut


Share

Ingin Windows 10 berjalan lebih cepat? Kesal karena Windows 10 sering Not Responding? Luangkan beberapa menit kalian untuk mencoba kiat-kiat dibawah ini, dan kinerja PC kalian akan lebih cepat serta terhindar dari masalah sistem yang mengganggu!

  1. Ubah pengaturan Power Setting
Aktifkan fitur Best Performance

Aktifkan fitur Best Performance

Jika kalian menggunakan pengaturan Power Saver di Windows 10, berarti kalian membatasi kinerja PC kalian. Pengaturan ini mengurangi kinerja PC kalian untuk menghemat energi ataupun baterai jika dalam kasus laptop. Mengubah pengaturan dari Hemat Daya menjadi Best Performance atau Balanced akan memberikan akses lebih ke kecapatan maksimal PC kalian secara instan. Untuk mengaktifkannya, pilih Control Panel, lalu pilih Hardware and Sound > Power Option. Kalian biasanya akan melihat dua opsi: Balanced (disarankan) dan Power saver. Untuk memakai Best Performance, kalian bisa menambahkan pada kolom Show Additional Plans.

  1. Nonaktifkan program yang berjalan saat startup
Nonaktifkan program saat Start-up

Nonaktifkan program saat Start-up

Salah satu alasan mengapa Windows 10 kalian terasa lamban adalah karena kalian memiliki terlalu banyak program yang berjalan di latar belakang – program yang bahkan mungkin tidak pernah kalian gunakan, atau jarang digunakan. Kalian bisa menghentikan program-program ini agar tidak berjalan, dan PC kalian akan berjalan lebih lancar. Untuk langkahnya, mulai dengan mengaktifkan Task Manager: Tekan Ctrl-Shift-Esc atau klik kanan di sudut kanan bawah layar kalian dan pilih Task Manager. Jika Task Manager hanya muncul sedikit dan ringkas, kalian bisa klik More Detail untuk memperluas Task Manager tersebut.

Klik pada tab Startup. Kalian akan melihat daftar program dan layanan yang diaktifkan saat kalian menyalakan Windows. Kalian bisa melihat aplikasi-aplikasi beserta pengembangnya dan juga efek atau impact yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut saat proses start-up. Silahkan disable aplikasi dengan impact besar atau yang tidak perlu.

  1. Matikan Search Indexing
Menonaktifkan Search Indexing

Menonaktifkan Search Indexing

Windows 10 mengindeks hard disk kalian di latar belakang, yang membuat kalian bisa secara cepat menemukan apapun dalam PC kalian. Tetapi fitur ini menjadi mimpi buruk bagi PC yang hanya memiliki spesifikasi pas-pasan. Tentu dengan mematikan fitur ini, kalian bisa merasakan perbedaan signifikan saat mulai menyalakan Windows 10 kalian. Bahkan jika kalian masih menggunakan SSD sebagai penyimpanan, menonaktifkan fitur ini sangatlah dianjurkan.

Untuk mematikan fitur ini, ketik dulu services.msc di kotak pencarian Start Menu, dan klik hasil  yang muncul. Aplikasi Services akan muncul. Gulir ke bawah ke menu Windows Search dalam daftar fitur yang aktif. Klik dua kali, dan dari kotak dialog yang muncul, klik Stop. Kemudian reboot. Dengan begini, pencarian kalian mungkin sedikit lebih lambat, ya meskipun kalian mungkin tidak melihat perbedaannya. Tapi dijamin performa windows lebih ces-pleng.

Artikel Terkait: