Tips Membuat PC Case Minim Debu


Share

Debu yang menempel pada komponen PC seperti motherboard, graphic card, atau power supply sangat berbahaya jika dibiarkan. Karena debu akan menyebabkan casing menjadi lembab, sehingga bisa menyebabkan korsleting yang mana akan membuat komponen PC-mu rusak total. Selain itu debu akan menyebabkan airflow pada komponen PC menjadi buruk, karena komponen tertutup debu dan tidak bisa melepaskan panas dengan baik. Komponen elektronik pada umumnya akan cepat rusak jika terkena panas berlebih dalam waktu lama.

 

panduan

 

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membersihkan komponen PC dari debu dan mencegah penumpukan debu didalam Case PC.

 

panduan 2

 

Tips membersihkan debu:

  • Kenakan masker dan goggles/ kacamata renang agar debu tidak masuk ke paru-paru dan mata.
  • Gunakan kuas yang halus untuk menyapu debu dari PCB motherboard maupun heatsink prosesor dan graphic card.
  • Gunakan air duster atau penyemprot udara bertekanan untuk membersihkan debu micro yang masih menempel pada board atau komponen.
    Air duster bisa didapatkan dengan mudah di toko online dengan harga berkisar Rp 70.000.

panduan 3

  • Tukang tambal ban dengan kompresor udara bisa menjadi pilihan mudah, selain tekanan cukup tinggi, biaya yang dikeluarkan lebih murah. Semprot dari jarak 30 cm agar tidak merusak komponen yang sensitif.



Tips mencegah debu masuk ke PC Case:

  • Pasang filter udara di depan kipas dan lubang yang terdapat pada casing.
    Jika kalian kesusahan mendapatkan filter udara khusus fan atau case, maka kalian bisa menggunakan spons lembaran yang biasa digunakan untuk papan karangan bunga (warna bisa dipilih sesuai tema casing kalian juga lho). Tempelkan spons menggunakan double tape pada lubang udara casing dan bisa juga digunakan sebagai alas pada bagian bawah motherboard (jika menggunakan PC Case dengan power supply diatas). Hal ini akan memudahkan kalian untuk mengganti spons yang berdebu dengan mudah.

  • Pasang fan case menghadap kedalam casing, khususnya pada bagian depan casing. Selain itu, jika PC Case kalian memiliki slot kipas pada bagian atas, pasang kipas dengan filter.
    Tekanan udara pada bagian dalam PC Case akan menjadi lebih tinggi daripada sekitarnya karena banyaknya kipas yang meniup udara dingin kedalam casing. Hal ini disebut sebagai “Positive Pressure Case”, yang membuat debu tidak bisa masuk melalui lubang-lubang kecil casing.



Kalian tidak perlu takut suhu komponen meningkat karena hal ini, karena penulis telah mencoba di PC pribadinya. Suhu maksimum prosesor dengan Cooler Deepcool Gammaxx 400 adalah 55 derajat celcius. Suhu maksimum graphic card (HIS RX 460 2GB, Manli GTX 1050Ti Gallardo, dan Asus GTX 1060 Dual) adalah 72 derajat. Fan prosesor dan graphic card disetting 50% saat mencapai suhu maksimum tersebut, sehingga PC tidak bising.


Artikel Terkait: