Tips Mencegah Listrik Statis saat Membongkar PC


Share

Listrik statis yang terakumulasi pada tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik saat kita menyentuhnya dengan tangan. Komponen yang paling sering terkena listrik statis saat kita membongkar adalah RAM, hal ini akan membuat PC kalian tidak dapat menyala saat dirakit kembali.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah listrik statis merusak komponen PC saat kita membongkar PC:

  • Letakkan PC di lantai dan cabut semua kabel, jika kalian takut tersetrum, gunakan kain atau sarung tangan untuk membuka casing PC.

 

 

  • Kenakan gelang anti statis dan tancapkan ujung kabel pada objek grounding yang menyentuh tanah (grounding socket umumnya hanya disediakan pada pabrik elektronik)

 

 

  • Jika kalian tidak mempunyai gelang anti statis, kalian bisa melakukan grounding tubuh kalian dengan cara melepaskan alas kaki, berdiri pada lantai, dan meletakkan kedua telapak tangan pada lantai selama 5 detik.

 

 

Apa yang harus dilakukan ketika salah satu komponen PC terlanjur terkena listrik statis?
Umumnya komponen tersebut hanya tidak dapat digunakan sementara waktu, jadi letakkan komponen tersebut di lantai dan diamkan sekitar 30 menit untuk menghilangkan listrik statis.


Listrik statis dari tubuh memang tidak akan terlalu kuat untuk merusak komponen PC secara permanen, namun ada baiknya kita menghilangkan listrik statis tubuh sehingga PC kita awet dan nyaman digunakan (disiksa untuk render dan bermain game berat).

Artikel Terkait: