Tren Penggunaan Near Field Communication

Near Field Communication

Share

Near Field Communication atau NFC adalah fitur yang terdapat di hampir setiap ponsel kelas mid-end dan juga hi-end. Namun, apa yang dapat dilakukan oleh teknologi tersebut?

Singkat saja, NFC adalah suatu protokol komunikasi yang memungkinkan dua perangkat elektronik untuk menjalin komunikasi satu sama lain dengan jarak tidak lebih dari 4 cm. Aktivitas tersebut dapat terjadi tanpa adanya bantuan koneksi internet dengan sangat mudah, cepat dan bekerja secara otomatis.

Teknologi yang terkandung di dalam Near Field Communication tampak sederhana. NFC merupakan hasil dari evolusi teknologi radio frequency identification (RFID). Chip NFC beroperasi sercara nirkabel dan contactless. Setelah diaktifkan, sejumlah data antara kedua perangkat elektronik dapat ditransferkan.

Chip NFC yang ditanam pada dalam kartu-kartu pembayaran bukanlah hal yang baru. Namun demikian, teknologi tersebut diakui lebih menarik karena gadget pun didapat berinteraksi dengan kartu-kartu berteknologi baru tersebut. Apabila biasanya kartu kredit maupun kartu debit dapat digunakan pada mesin Electronic Data Capture (EDC), kini, smartphone maupun smartwatch yang memiliki teknologi Near Field Communication mampu membaca informasi yang ada di dalam kartu-kartu tersebut.

Hampir setiap pembuat sistem operasi seluler menawarkan fungsi NFC yang unik. Pengguna Android memiliki pilihan paling banyak untuk menggunakan teknologi tersebut. Contoh yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari kita adalah kartu flash dari beragam bank BUMN maupun bank swasta yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tol, KRL, dan lain sebagainya.

NFC diproyeksi mampu bersaing dengan QR Code ke depannya. Pemanfaatan yang cerdas dari Near Field Communication dapat ditemukan pada headset Daydream View VR Google dan Cardboard. Dengan menempatkan smartphone berteknologi NFC ke headset tersebut, dapat memicunya untuk mengunduh atau meluncurkan aplikasi secara otomatis.

Bahkan, beberapa video game dan action figure pun dirancang untuk memiliki teknologi nirkabel tersebut. Contoh nyatanya adalah Amiibo, Skylanders dan, Disney Infinity. Mereka menawarkan fungsi baru yang sebelumnya tidak ada dalam video game. Pada kasus Skylanders, action figure dapat dihubungkan ke permainan untuk menambahkan karakter baru. Kurang lebih, hal tersebut juga dilakukan oleh Disney dan Nintendo.

Tren Penggunaan Near Field Communication

Penggunaan praktis lainnya dari teknologi tanpa sentuh ini adalah bluetooth speaker dan bluetooth headphone. Kedua device tersebut yang memiliki kemampuan NFC dapat terhubung lebih cepat dengan perangkat lainnya tanpa perlu melakukan pairing.

Daftar perangkat yang berteknologi NFC masih akan terus berkembang. Jadi, ada baiknya bagi kalian yang akan membeli suatu smartphone, pertimbangkanlah untuk membeli smartphone yang memiliki fitur NFC.

 

(dilansir dari techradar)

Artikel Terkait: