Ulasan Lenovo ThinkPad X1 Yoga Bagian Kedua

Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Share

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai harga dan spesifikasi dari laptop X1 Yoga. Kali ini, kita akan membahas tampilan layar dan juga port yang terdapat pada laptop tersebut.

Tampilan Layar Lenovo ThinkPad X1 Yoga

null

sumber gambar: www3.lenovo.com

Dengan layar sentuh 14 inci beresolusi 1920×1080, tampilan layar X1 Yoga terlihat sangat hidup dan tajam seperti layar pesaingnya. Ia juga memiliki layar dengan tingkat kecerahan sekitar 270 nit. Standar tingkat kecerahan minimum pada umumnya adalah 250 nit, untuk kenyamanan layar saat digunakan di dalam ruangan.

Sudut pandang layar in-plane switching (IPS) dari Thinkpad juga cukup bagus. Layar sedikit meredup ketika dilihat dari dari sisi samping, sisi atas, maupun susu bawah. Namun demikian, teks pada layar tetap dapat dibaca dengan sempurna bahkan pada sudut yang lebih ekstrim.

X1 Yoga memiliki respon yang sangat baik terhadap ketukan dan gesekan dari jari-jari dan juga stylus pen yang slotnya terletak di tepi kanan laptop. Desain slot untuk stylus pen pun didesain dengan sentuhan yang memukau serta aman untuk menyimpan pulpen tersebut.

Lubang Ports Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Port pada X1 Yoga memiliki fungsi yang beragam. Laptop ini dipersenjatai dengan sepasang lubang Thunderbolt 3 (lengkap dengan Power Delivery dan Display Port, dengan kemampuan mentransfer data hingga 40Gbps, ditambah port USB 3.0 di sebelah kiri. Di sisi lainnya, terdapat port HDMI, konektor ethernet , colokan audio, dan port USB 3.0 serta tombol power.

Hal di atas tersebut merupakan kelebihan dari port yang dimiliki X1 Yoga. Namun, kekurangannya adalah pengguna harus memilih salah satu dari lubang Thunderbolt 3 saat hendak mengisi ulang daya, mengingat tidak ada port khusus yang didedikasikan untuk pengisian baterai.

Kekurangan lainnya dari laptop ini, yang mungkin bagi sebagian orang akan terasa menyebalkan, adalah penempatan lubang slot Micro SD. Lubang slot MicroSD diletakan di bagian belakang laptop, di sebelah slot nano-SIM. Ketika X1 Yoga dalam posisi terbuka, lubang tersebut akan tertutup secara efektif. Jari pun akan terasa kesulitan ketika menjangkau slot. Jadi, pastikan kalian memasukan MicroSD saat laptop dalam keadaan tertutup. Meski demikian, hal tersebut lebih baik dari pada tidak ada lubang slot kartu memori sama sekali.

(dilansir dari www.pcworld.com)

Artikel Terkait: