Ulasan Lenovo ThinkPad X1 Yoga Bagian Ketiga


Share

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai harga, spesifikasi, tampilan layar, dan juga port yang terdapat pada laptop X1 Yoga.

Keyboard, Speaker, dan Fitur Extra Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Tombol pada keyboard Lenovo ThinkPad X1 Yoga, yang berbentuk pendek dan cekung, membuat pengalaman mengetik terasa menyenangkan. Keyboard juga dilengkapi dengan beragam hotkey, yang antara lain berfungsi untuk mengaktifkan bluetooth, mengaktifkan mode pesawat, melakukan pengaturan (pengaturan Windows, bukan Lenovo), dan bahkan mengaktifkan Snipping Tool. Tidak ada tombol numerik khusus pada laptop ini sehingga terdapat ruang ekstra untuk tombol-tombol utama menyebar, membuat pengetikan menjadi lebih mudah. Keluhan terhadap desain keyboard milik X1 Yoga adalah tombol “Page Up” dan “Page Down” terletak menghimpit tombol panah atas.

Trackpad laptop Lenovo ThinkPad X1 Yoga bersifat halus dan sensitif. Hal tersebut tentu memudahkan kalian yang terbiasa menggunakan mouse dan tidak terbiasa mengklik dengan trackpad. Di sebelah kanan trackpad, terdapat pembaca sidik jari sebagai pengaman untuk dapat mengakses sistem operasi ataupun aplikasi Windows yang mendukung.

Dolby bult-in speaker yang ada mampu menghasilkan suara yang keras. Namun sayangnya ia tidak mampu menghasilkan suara bass. Saat memutarkan lagu “Live and Let Die” dari Paul McCartney dan Wings, speaker mampu menghasilkan detail suara dengan baik di bagian pembuka. Namun, keadaan tersebut berbanding terbalik setelah bagian pembuka diputarkan. Begitu juga saat lagu “Mozart’s 27th Symphony” diputarkan, speaker menghasilkan suara yang terdengar kasar dan terkompresi.

Webcam milik Lenovo ThinkPad X1 Yoga terletak di bagian atas bezel yang berada di atas layar. Webcam tersebut memiliki kualitas 720p, cukup tajam untuk sebuah video namun jauh dari kualitas siaran. Meski begitu, kualitas tersebut sangat baik apabila digunakan untuk Skype.

Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Webcam juga dilengkapi dengan fitur ThinkShutter. Fitur tersebut ialah penutup kecil yang dapat bergeser. Ia dapat berpindah ke samping saat kalian ingin melakukan panggilan video melalui Skype atau merekam video. Lalu, ia akan menutup webcam kembali saat webcam tidak digunakan. Hal tersebut merupakan bentuk perlindungan terhadap privasi pengguna dari pihak yang ingin mencoba untuk membajak webcam. Perlu diingat, ThinkShutter tidak tersedia pada ThinkPad Yoga X1 yang dilengkapi dengan kamera infra merah.

Mikrofon pada Yoga X1 dilengkapi dengan mifrofon 360 derajat yang dirancang untuk menangkap suara, bahkan saat pengguna berada di seberang ruangan. Lenovo mengatakan bahwa mikrofon jarak jauh yang terdapat pada ThinkPad mampu membuat kalian berbicara dengan Cortana dari jarak sejauh 13 kaki. Dalam sebuah pengujian, mikrofon bahkan dapat digunakan dari jarak sejauh 25 kaki ketika digunakan untuk berinteraksi dengan Cortana meski dengan volume suara yang tidak tinggi.

(dilansir dari www.pcworld.com)

Artikel Terkait: