Ulasan Mini PC Liva Ze yang Murah Meriah


Share

ECS menghadirkan Mini PC Liva Ze sebagai jawaban untuk kebutuhan pengguna komputer yang memiliki budget rendah dan menginginkan meja kerja yang rapi dan luas. Liva Ze dijual dipasaran Indonesia dengan harga sekitar Rp  2.500.000 untuk varian barebone yang tidak dilengkapi storage drive dan RAM. Untuk yang siap pakai, harga akan ditentukan dengan komponen yang dipesan oleh pengguna. Ukuran Liva Ze juga sangat mungil untuk sebuah komputer yang memiliki banyak port input/ output, yaitu 12 x 12 x 5 cm. Selain itu Liva Ze juga dilengkapi dengan dudukan VESA yang membuat mini pc ini dapat dipasang pada monitor yang memiliki dudukan VESA dibelakang layar. Mejamu akan menjadi sangat rapi dan luas dengan menggunakan dudukan VESA ini.

Liva Ze memiliki banyak port i/o, yaitu USB 3.1 dengan port type A sebanyak 3 slot dan type C sebanyak 1 slot, audio jack 3.5 mm, mini display port, HDMI, 2 port Gigabit LAN, dan 4 buah port serial RS 232. Liva Ze yang kami ulas menggunakan prosesor hemat daya Intel Celeron N3350 Apollo Lake dengan penggunaan daya 15 watt saja. Saking efisiennya, mini pc ini tidak dilengkapi fan sebagai pendingin dan hanya menggunakan heatsink saja untuk mendinginkan prosesornya.


Geekbench Score untuk Intel Celeron N3350

Intel Celeron N3350 memang dilengkapi dengan iGP Intel HD 500 yang dapat menampilkan output video hingga resolusi 4K, namun Intel HD 500 tidak dapat digunakan untuk bermain game dengan nyaman. Hal ini disebabkan, karena Liva Ze memang tidak dibuat untuk gamer, hanya untuk pekerja kantor, pelajar, atau pekerja di bidang bisnis. Selain itu, Liva Ze sudah dilengkapi dengan Wi-Fi Card sekaligus Bluetooth V 4.0, sehingga kalian bisa menyambungkan mini pc ini dengan router Wi-Fi atau perangkat yang menggunakan Bluetooth.

Hasil benchmark PCMARK10

Liva Ze mendukung sistem operasi Windows 10, 8.1, dan 7, serta Linux dan Android. Untuk ekspansi atau penambahan perangkat, Liva Ze menyediakan 2 slot RAM DDR3L yang dapat diisi hingga 16  GB RAM, 1 slot SATA untuk hard disk ukuran 2.5 inch, dan 1 slot M.2 ukuran 2242 untuk SSD dengan konektivitas SATA. Mini PC memiliki banyak kegunaan selain keperluan kantor, yaitu membuat TV LCD lama kalian memiliki kemampuan seperti SmartTV yang dapat kalian gunakan untuk streaming Youtube dan Netflix, browsing internet, dan kegiatan multimedia lainnya.

Untuk video lengkapnya, simak di tautan Youtube Ulasan berikut: Liva Ze

Artikel Terkait: