Ulasan Motherboard MSI B360 Gaming Plus


Share

MSI secara resmi mengeluarkan Motherboard yang dikhususkan bagi CPU Intel generasi ke-8 yaitu Intel Coffee Lake. Pada kesempatan kali ini tim Ulasan ID berkesempatan untuk mengulas Motherboard dengan chipset B360 yang memiliki beberapa fitur penting untuk para gamers yaitu MSI B360 Gaming Plus.

MSI B360 Gaming Plus memiliki spesifikasi dengan chipset B360 socket LGA 1151 untuk menjalankan prosessor generasi ke-8 atau dikenal dengan Coffee Lake. Motherboar ini termasuk dalam kelas ATX yang memiliki 2x slot PCIe x16, 4x slot PCIe x1, 4x slot DIMM dual-channel untuk RAM sampai 64 GB (2666Mhz), selanjutnya memiliki 5x port SATA3, 1x slot M.2, 1x header USB 3.0, 2x header USB 2.0. Motherboard MSI B360 Gamping Plus ini sudah memiliki port Thunderbolt 3.0 yang terletak di kanan bawah.

port

Pada bagian belakangnya terdapat 1x port PS2 yang suka old style, 2x port USB 2.0, 2x port USB 3.1 Gen 1, dan 2x USB 3.1 Gen 2 yang salah satunya berbentuk Type-C. Koneksi LAN pada motherboard ini sudah mendukung Gigabit dengan chip Intel. namun sayangnya tidak memliki dukungan WiFi dan mengingat banyak port PCIe ini memungkinkan kalian untuk menambahkan WiFi Card untuk tambahan koneksi WiFi.

MSI B360 memiliki dua Display Output yaitu DVI-D dan DisplayPort untuk setup multi-monitor. Audio pada Motherboard ini sudah mendukung surround sound 7.1 via Jack Audio yang sudah didukung dengan software Nahimic.

Lalu apasih perbedaan antara MSI B360 Gaming Plus dengan yang lainnya? Terdapat 2 fitur yang menurut kita sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari yaitu RAMDisk dan Nahimic.

RAMDisk

RAMDisk adalah software yang bisa mengalokasikan sebagian RAM untuk dijadikan disk drive, sehingga kalian dapat mengakses data dengan sangat cepat. Namun dikarenakan RAM bersifat volatile atau sementara, jadi pada saat komputer mati, data yang ada di RAM akan terhapus jadi kita sarankan RAMDisk hanya digunakan sebagai cache drive atau scratch disk pada saat edit video di Adobe Premier. Sebenarnya kalian bisa download software RAMDisk secara gratis tapi dengan keterbatasan seperti maksimum drive 1 GB yang untuk urusan produktivitas pasti sangat kurang.

ramdisk

MSI RAMDisk hadir dengan skin MSI yang memiliki semua fitur RAMDisk secara penuh yang artinya kalian bisa buat drive dengan ukuran lebih dari 1 GB dan kalian juga bisa menggunakan fitur penting seperti auto-backup yang akan menyimpan file secara berkala ke SSD atau HDD kalian. Fitur Auto-backup menurut kita jadi sangat penting karena sifat RAM yang volatile atau hanya sementara.

Untuk membuktikan RAMdisk ini sangat cepat kita memiliki perbandingan antara RAMdisk dan SSD :

test

Nahimic

Nahimic adalah perusahaan audio yang bekerja sama dengan MSI ditahun 2014 yang akhirnya hadir diproduk MSI tahun 2015. Kalau bisa dijelaskan dalam satu kalimat, Nahimic itu adalah software equalizer audio plus plus. Seperti software equalizer audio lainnya, kalian bisa membuat banyak pengaturan seperti efek Virtual Surround, Treble, Bass, dan Equalizer. Tapi bukan itu yang mau kita bahas, Nahimic memiliki satu fitu yang sangat penting untuk para gamer yaitu fitur Sound Tracker.

nahimic

Dari namanya kayanya sudah cukup menjelaskan. Fitur Sound Tracker bisa melacak suara dalam permainan dan memberikan umpan balik visual yang digambarkan berupa lingkaran dengan tanda sumber suara. Fitur ini akan sangat membantu sekali setiap kita gunakan dalam permainan Shooter seperti CS:GO untuk melacak step, peluru yang datang dan suara lainnya. Setidaknya sudah ada 56 game yang mendukung fitur Game Tracker ini.

Dengan harga Rp. 2.100.000.- MSI B360 Gaming Plus bisa jadi pertimbangan untuk kalian, karena dengan adanya fitur seperti RAMDisk dan Nahimic yang sangat bermanfaat sekali untuk kegiatan kita sehari-hari, terutama Nahimic Sound Tracker yang dapat melacak suara pada game.

 

Artikel Terkait: