Ulasan Toy-Con Garage Bagian Kedua

Toy-Con Garage

Share

Toy-Con Garage nampak seperti sulap yang disuguhkan oleh Nintendo Switch dan permainan tersebut tersembunyi di dalam lubang penutup perangkat lunak “Discover”.

Pada dasarnya, Toy-Con Garage menawarkan pengalaman pemrograman sebab-akibat yang sederhana dan memiliki tampilan yang menarik. Kalian dapat menentukan input apa yang kalian inginkan, lalu pilihlah apa tindakan yang dapat dilakukan, dan kemudian pilih hasilnya atau output dari tindakan tersebut. Misalnya, kalian bisa menggunakan Joy-Con sebelah kiri sebagai input, kemudian kalian menetapkan suatu gerakan menggoncang sebagai prosesnya, dan hasilnya berupa getaran atau suara.

Langkah pertama sebelum dapat menggunakan Toy-Con Garage adalah membuat Toy-Con yang kalian miliki untuk melakukan hal-hal berbeda atau menginteraksikannya satu sama lain. Misalnya, kalian menggunakan alat pancing sebagai penggerak mobil RC dengan kombinasi input dan output yang tepat. Atau, kalian juga dapat membuat pakaian robot yang dapat menghasilkan suara berbeda, tergantung ujung kendali mana yang kalian gerakan atau ke arah mana kalian menggerakannya.

Konsol ini pun memungkin kalian untuk mengambil suatu tindakan yang tampaknya sangat sederhana menjadi sesuatu yang rumit. Dalam sebuah percobaan, ada seseorang yang dengan Labo miliknya mampu memanfaatkan Joy-Con untuk membuat orang lain bergetar dan terjatuh. Namun, kalian juga dapat memprogramnya agar Joy-Con menghasilkan suara yang menggelikan atau suara tabrakan saat penggunanya terjatuh. Kalian bebas berkreasi dengan alat tersebut.

Selanjutnya, Nintendo tampaknya berharap orang-orang dapat berkreasi dengan ide mereka sendiri. Contoh dari kreasi yang telah dihasilkan antara lain adalah uang bank, mesin penjual, dan juga gitar. Bisa kita dibayangkan, hanya pengguna Labo yang paling niat dan imajinatif saja yang bisa sampai ke tahap tersebut. Walaupun begitu, ada suatu pontesi menarik yang dapat terjadi. Potensi tersebut adalah akan adanya keterlibatan komunitas yang cukup besar bagi permainan Nintendo yang satu ini.

Toy-Con Garagesumber gambar: techradar.com

Diyakini juga bahwa Nintendo, kedepannya, akan mengeluarkan lebih banyak Variety Kit. Namun untuk sementara waktu, rasanya menarik untuk melihat apa yang dapat dilakukan oleh pengguna permainan ini. Developer sering mengatakan bahwa mereka terkesan dengan apa yang dapat terjadi apabila pengguna menggunakan Nintendo Labo yang telah dimodifikasi. Itu baru contoh lain dari apa yang dapat ditimbulkan oleh konsol Nintendo tersebut. Nintendo pun akan tetap membuat perangkat lunak Labo yang relevan untuk batas waktu yang lama hingga mini game yang ada sudah tidak lagi menarik.

(dilansir dari techradar.com)

Artikel Terkait: