Ulasan XPG Adata SX7000 128GB


Share

Pada kesempatan kali ini tim Ulasan ID kehadiran produk storage NVMe yaitu Adata SX7000 128GB. Produk yang disediakan Adata kali ini masuk dalam brand XPG untuk komponen kelas atas, untuk kapasitas yang didapatkan Ulasan berukuran 128GB tapi tenang ada pilihan hingga 1 TB jika kalian membutuhkan. Adata SX7000 ini memiliki fitur-fitur tambahan lainnya seperti sudah menggunakan Interface PCIe Gen3 4 lane, Protokol NVMe 1.2, Memory menggunakan 3D NAND Flash TLC, LDPC ECC Technology untuk mengurangi peluang error pada data dan menggunakan Memory SLC untuk caching file dan DRAM untuk Cache Buffer.tabelDi tabel performa yang disediakan Adata sangat jelas banget kalau Semakin besar kapasitas, semakin baik performa dan durabilitas yang ditawarkan. Sekilas mengenai teknologi SSD aja, semakin banyak NAND Flash yang ditanam berarti semakin banyak proses kerja yang bisa dilakukan yang secara gak langsung performa semakin tinggi.

Kali ini kita coba untuk membandingkan Adata SX7000 dengan beberapa produk lainnya yang serupa yaitu SSD Avexir yang biasa Ulasan pakai dan Intel Optane Memory.

CrystalDiskMark

crystaldiskmark

Kita mulai dari Crystal Disk Mark, ketiga SSD yang dibandingkan bener-bener punya karakteristik berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan. Tapi yang perlu dilihat di sini, SX7000 punya kecepatan tulis yang jauh lebih tinggi dibandingkan yang lainnya dan untuk urusan kecepatan baca jelas banget Intel Optane lebih unggul karena memang didesain untuk kegiatan read cache.

AS SSD Benchmarkas ssd

Pada AS SSD Benchmark hasil yang ditampilkan juga kurang lebih sama, SX 7000 punya kecepatan tulis yang sangat tinggi sedangkan Optane menang di kecepatan baca. Tapi di AS SSD kita bisa lihat Access Time ketiganya. Intel Optane dengan teknologi 3D Cross-Point punya waktu akses lebih cepat hampir 2 kali lipat dari teknologi lainnya. Namun jika SX7000 dibandingkan dengan SSD SATA kecepatan bacanya jauh lebih cepat.

ATTO Benchmarkatto

Pada ATTO Benchmark lebih kelihatan jelas lagi semuanya, Optane punya kecepatan baca luar biasa terutama untuk file-file berukuran kecil, tapi begitu masuk ke file-file dengan ukuran besar kecepatan bacanya langsung turun hampir setengahnya. Kalau kita bandingin SSD Sata dengan XPG SX 7000 ada dua hal yang terlihat jelas, pertama adalah rata-rata kecepatan di setiap ukuran file yang jauh berbeda. SX7000 dengan teknologi NVMe udah pasti punya kecepatan baca tulis yang jauh lebih tinggi. Kedua adalah Kecepatan tulis SX7000 yang tinggi pada data berukuran kurang dari 16 kilo byte. kemungkinan ini hasil dari fitur DRAM Cache Buffer, jadi data berukuran kecil bisa ditulis sementara ke DRAM yang punya kecepatan tulis sangat tinggi sebelum akhirnya benar-benar dipindahkan ke NAND Flash.

Mengenai harga, di enterkomputer Adata SX7000 128 GB dijual dengan harga Rp 965.000.- (Harga dibulan Mei 2018) dan Adata SX7000 ini juga sudah bisa bersaing dengan produk lainnya, dengan harga yang terjangkau Adata SX7000 memiliki kecepatan Baca/Tulis yang lebih stabil bahkan kecepatan tulisnya dapat melebihi kecepatan Intel Optane dan seperti yang kita tahu juga bahwa NVMe adalah salah satu teknologi terbaru jadi pasti lebih baik dari yg sebelumnya.

 

Artikel Terkait: