Untuk Apa Boros Kalau Ada Nvidia GeForce Now?

Nvidia GeForce Now

Share

Sebelum membahas mengenai Nvidia GeForce Now, apa saja sih game berspesifikasi tinggi yang kalian ketahui? Biasanya berapa banyak biaya yang diperlukan untuk memiliki perangkat yang mampu memainkan game berspesifikasi tinggi tersebut?

Kini, agar bisa mainkan game high-end, kalian tidak perlu lagi membutuhkan PC high-end dengan spesifikasi tinggi. Setidaknya, itulah yang ingin disampaikan oleh pihak Nvidia. Perusahaan tersebut mengumumkan bahwa mereka memiliki layanan baru yang disebut Nvidia GeForce Now.

Nvidia GeForce Now merupakan layanan yang dapat menyalurkan beragam game keseluruh laptop dan juga desktop. Laptop maupun desktop berspesifikasi rendah pun bahkan dapat memainkan game yang ada. Selain itu, layanan tersebut pun memungkinkan para pengguna Mac untuk menginstal dan memainkan game yang biasanya hanya bisa dimainkan pada Windows.

Nvidia melakukan debut terhadap GeForce Now pada Maret 2018. Perusahaan mengklaim bahwa layanan mereka ini kompatibel dengan sistem operasi Windows maupun iOS Mac.Dengan adanya inovasi tersebut, para pemilik MacBook tidak perlu lagi beralih device hanya untuk bermain game. Mereka tetap dapat menggunakan laptop Apple tersebut untuk memainkan beragam game yang cukup berat.

Pihak Nvidia menyatakan bahwa layanan ini telah dikembangkan selama lima tahun terakhir. Di atas panggung gelaran CES, Jen-Hsun Huang selaku CEO Nvidia mengibaratkan GeForce Now seperti layanan on-demand yang dimiliki oleh Amazon, Amazon Web Services. Bedanya, layanan dari Nvidia tersebut ditujukan untuk kalangan gamer.

Jen-Hsun Huang mengatakan “Ini adalah salah satu masalah yang sangat sulit. Kemampuan komputasi yang diperlukan untuk video game sangatlah tinggi dan interaktivitas yang diperlukan juga sangat tinggi. Sehingga, apabila terdapat latensi sedikit saja maka akan merusak pengalaman bermain.”

Nvidia mengeluarkan dua layanan berbeda untuk produknya tersebut. Kedua layanan tersebut merupakan GeForce GTX 1060 PC dan GeForce GTX 1080 PC. GTX 1060 dibanderol mulai dari $ 25 AS dan dapat digunakan untuk bermain selama 20 jam. Sedangkan GTX 1080 dibanderol mulai dari $ 25 AS juga namun dengan jumlah waktu gameplay yang lebih singkat yaitu hanya untuk 10 jam saja. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Artikel Terkait: