3 Cara Memaksimalkan Iklan di Instagram

Iklan di Instagram

Share

Popularitas platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Snapchat mulai menurun. Namun tidak demikian dengan Instagram. Kini, semakin banyak merek yang mulai belanja iklan di Instagram. Entah itu untuk beriklan pada Instagram Story, newsfeed, ataupun akun seorang influencer, banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika menjalankan kampanye pemasaran berbasis Instagram. Berikut merupakan tiga strategi yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan belanja iklan di instagram

 

Tips Iklan di Instagram #1: Pasarkan ulang bisnis kalian dengan cara baru dan dapatkan lebih banyak pengikut.

Coba pikirkan kapan terakhir kali kalian melihat iklan atau posting seorang influencer di Instagram! Mungkin, kalian bisa saja melewatkan dan mengabaikan hal tersebut karena scrolling terlalu cepat. Bisa juga aktif terlibat pada iklan atau posting tersebut. Kebanyakan orang yang aktif terlibat pada suatu posting akan memberikan komentar atau pun menyukai posting tersebut. Dan bisa juga membuka link yang tertera pada posting tersebut.

Namun, kemungkinan besar, mereka atau pun kalian tidak akan follow akun yang produknya diiklankan tersebut. Dampaknya? Tak satu pun dari orang-orang yang aktif terlibat di dalam iklan tersebut akan mengikuti akun Instagram terkait.

Kalian bisa mengkonversi seseorang yang bukan follower kalian namun terlibat aktif pada postingan kalian menjadi seorang follower kalian. Caranya adalah dengan melakukan pemasaran ulang secara satu per satu terhadap mereka. Cobalah aktif terlibat balik pada postingan mereka.

Katakanlah kalian telah menghabiskan Rp 5.000.000 untuk meningkatkan performa suatu posting pada Instagram. Dengan investasi tersebut, ternyata kalian mendapatkan 100.000 suka, 1.000 komentar dan 500 penjualan. Anggaplah  50-100 orang yang terlibat pada postingan kalian tersebut telah menjadi follower kalian.

Dengan menargetkan kembali 99.000an orang yang terlibat pada postingan kalian tersebut, kalian bisa meningkatkan jumlah follower kalian. Dengan pendekatan ini, kalian bisa mendapatkan hasil yang lebih baik pada setiap iklan yang kalian lakukan.

 

Tips Iklan di Instagram #2: Lacak setiap konten mengenai bisnis kalian yang dipublikasikan oleh influencer

Setiap kali kalian bekerja dengan influencer, jangan pernah memberikan link yang sama untuk masing-masing posting. Untuk mengukur ROI (return on investment) dengan akurat, setiap influencer harus diberikan tautan yang unik. Tautan unik akan menunjukkan dengan tepat berapa banyak pengunjung yang dibawanya kepada kalian, berapa lama pengunjung tersebut berada di situs kalian, bagaimana perilaku mereka, dan berapa banyak pengunjung yang akhirnya melakukan pembelian.

Cara mudah dan cepat untuk melakukan hal tersebut dengan adalah dengan menambahkan “/src? =” di ujung link apa pun. Setelah tanda “=” tambahkan nama sang influencer. Misalnya, jika kalian melakukan kampanye dengan seorang influencer bernama Ilham dan kalian memiliki situs dengan alamat “www.merekmu.com” maka kalian bisa memberikan Ilham link seperti “www.merekmu.com/src?=@ilham”.

 

Tips Iklan di Instagram #3: Optimalkan funnel kalian dengan audiens khusus!

Setelah kalian memberikan tautan unik kepada setiap influencer, buatlah pemirsa khusus yang berasal dari link tersebut.Kalian bisa melakukan hal ini dengan mengunjungi Facebook Ads Manager.

Setelah kalian melakukannya, kalian bisa menjalankan Instagram ads ataupun Facebook ads terhadap audiens khusus tersebut. Agar lebih jelas, kalian dapat melihat contoh di bawah ini

Artikel Terkait: