Akankah Instagram Membunuh YouTuber dengan IGTV

IGTV

Share

Instagram siap bersaing secara langsung dengan YouTube. Dalam suatu acara yang berlokasi di San Francisco pada 20 Juni 2018, perusahaan tersebut mengumumkan bahwa pengguna media sosial tersebut sudah bisa mengunggah video yang berdurasi hingga satu jam lama. Sebelumnya, video yang dapat diunggah di Instagram maksimal berdurasi satu menit. Kemarin, untuk menampung video berdurasi panjang tersebut, Instagram meluncurkan IGTV.

IGTV bisa diakses melalui suatu tombol di dalam homescreen Instagram. Aplikasi tersebut akan menyoroti video populer dari beragam kreator. “Sudah saatnya video mengalami kemajuan dan berkembang,” kata Kevin Systrom selaku CEO Instagram di atas panggung pada acara yang berlokasi di San Francisco tersebut. “IGTV adalah untuk menonton video lama dari para pembuat konten favorit Anda.” Tepat sebelum sang CEO naik ke atas panggung, blog bisnis milik Instagram mengeluarkan rincian mengenai fitur aplikasi terbaru itu.

IGTV akan mengajak siapa pun untuk menjadi kreator, bukan hanya selebriti ternama saja, orang-orang bisa mengunggah video vertikal melalui aplikasi Instagram atau web. Semua orang, terkecuali akun-akun baru, bisa segera mengunggah video berdurasi satu jam yang dapat disebarkan ke seluruh pengguna Instagram. Pada tanggal yang sama ketika Kevin Systrom mengumumkan hal tersebut, IGTV dapat digunakan baik pada iOS dan Android. Mereka yang sudah memiliki aplikasi Instagram sebelumnya, perlu memperbarui aplikasi Instagram terlebih untuk bisa merasakan fitur yang menyenangkan tersebut.

Dalam fitur khusus IGTV, pengguna bisa menggeserkan jarinya di atas layar smartphone untuk meilhat berbagai video berdurasi panjang. Dengan menggeserkan jari ke arah atas layar, pengguna akan diajak untuk mengunjungi  tab penjelajah video yang yang akan menampilkan beberapa video yang disarankan, video populer, video dari para pembuat konten yang mereka ikuti, dan opsi untuk terus menonton video yang dimulai sebelumnya. Pengguna juga akan mendapatkan notifikasi pada tombol IGTV yang akan mengingatkan mereka ketika terdapat suatu konten baru. Sama seperti Instagram Stories, pembuat konten juga bisa menempatkan tautan dalam deskripsi video mereka.

Artikel Terkait: