AMD di Acara Computex 2018


Share

Ulasan ID menghadiri press conference AMD yang diadakan pada 6 Juni 2018 di Computex Taipei 2018, dimana AMD membawakan hal yang telah kalian tunggu-tunggu dalam pengembangan CPU dan GPU Next Gen. Lisa Shu selaku CEO AMD membawakan presentasi produk terbaru AMD dengan penuh semangat, beliau menjelaskan bahwa kebutuhan pemrosesan data akan berkembang 50 kali lipat pada tahun 2025, untuk itu AMD terus berinovasi untuk mengembangkan High Performance Computing. Hal ini berarti AMD akan memperkenalkan produk terbaru untuk AMD EPYC untuk segmen server di Q3 2018 dan AMD Ryzen terbaru untuk konsumer umum di 2018.

amd press conference

AMD EPYC terbaru yang diperkenalkan oleh Ibu Lisa Su akan menggunakan teknologi 7nm “Zen 2” yang menawarkan kerapatan transistor  dan efisiensi seperti 2 prosessor dalam 1 prosessor saja, AMD EPYC yang saat ini tersedia, yaitu 14nm. Peningkatan jumlah transistor pada chip juga akan meningkatkan performa prosesor dengan signifikan. Namun, segmen konsumer umum tampaknya masih harus menunggu pengembangan lebih lanjut dari AMD Ryzen dengan teknologi 7nm. Untuk gamer jangan berkecil hati, karena AMD juga merilis motherboard dengan chipset B450 yang sudah di optimisasi untuk prosesor Ryzen 2 Motherboard B450 tentunya akan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan motherboard X470, serta menawarkan keseimbangan performa, fitur, dan harga. Motherboard B450 akan dirilis dalam waktu dekat oleh ASRock, Asus, Biostar, Gigabyte, dan MSI.

amd vega

AMD juga memperlihatkan performa dari AMD Radeon Vega 7nm, yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2018 ini, dengan menampilkan proses rendering menggunakan Cinema 4D R19. Dengan perubahan fabrikasi tersebut, diperkirakan akan meningkatkan kemampuan rendering, produktivitas, bahkan proses simulasi. Selain itu, kolaborasi AMD dengan game developer ternama untuk memberikan dukungan penuh terhadap game yang menggunakan DirectX 12 dan Radeon FreeSync, sehingga game AAA dengan tampilan terbaik bisa dimainkan dengan lancar menggunakan graphic card AMD dengan harga yang terjangkau. Sepertinya tahun 2018 akan menjadi tahunnya Radeon Vega!

AMD juga bekerjasama dengan pabrikan laptop gaming untuk mengembangkan Radeon Vega 56 Nano dengan form factor yang lebih kecil untuk dipasang bersama Ryzen prosesor kelas desktop di laptop gaming. YEP! Ryzen 7 generasi ke-2 + Radeon Vega 56 dalam 1 board laptop.

amd vega laptop

Pada press conference AMD bersama partnernya, memperkenalkan Laptop Asus X505ZA dan X570ZD, Acer Predator Helios 500, HP Envy x360, Dell inspiron 13″ 7000 dan 15″ 5000, dan Lenovo Yoga 530, Ideapad 530S, 330S dan 330 yang menggunakan APU Ryzen, Ryzen Generasi ke-2, ataupun Radeon di dalamnya.

amd

Laptop bisnis yang menggunakan Ryzen Mobile dengan Radeon Vega sangatlah tipis dan ringan, yaitu hanya sekitar 1.5 kg. Sedangkan laptop gaming Acer Predator dengan Radeon Vega 56 Nano tentunya lebih kekar dan keren, karena dilengkapi keyboard LED.

null

Artikel Terkait: