Apa itu RAM Dual Channel?


Share

Dual channel pada RAM berguna untuk meningkatkan bandwidth data antara prosesor dan RAM, umumnya memory controller menggunakan 64 bit data channel, dengan dual channel bandwidth data akan lipat gandakan menjadi 128 bit. Hal ini akan memberikan peningkatan performa yang cukup signifikan, khususnya prosesor AMD Raven Ridge yang membutuhkan RAM berkecepatan tinggi untuk mendongkrak perfoma RX Vega yang tertanam pada APU Raven Ridge.

ram

 

Masih banyak pengguna komputer belum paham bagaimana cara mudah untuk mengupgrade PC-nya dengan dual channel RAM. Dual channel RAM kit memang mudah ditemui di pasaran. Namun, pengguna PC entry level yang hanya telah memiliki satu keping ram dan hanya menggunakan motherboard dengan  dua slot ram akan kesusahan untuk melakukan upgrade.  Umumnya pertanyaan yang mereka ajukan adalah apakah kecepatan, kapasitas, atau merk RAM harus sama persis?

 

ram

 

Tips mendapatkan Dual Channel RAM:

  • Cek tipe RAM pada komputer kalian, apakah itu DDR3, DDR3L, atau DDR4
  • Cek kecepatan dan kapasitas RAM yang kalian miliki
  • Tentukan budget dan kapasitas RAM yang akan kalian beli
  • Kecepatan RAM yang bekerja pada dual channel akan diambil dari kecepatan standar terendah antara kedua RAM yang terpasang, jadi pastikan kalian membeli RAM dengan kecepatan sama atau lebih tinggi
  • Beli RAM yang sesuai dengan kebutuhan kalian dengan merk yang memiliki layanan purnajual yang baik


Jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan tentang Dual Channel RAM:

  • Kecepatan RAM yang berbeda tidak akan berpengaruh dengan konfigurasi dual channel, RAM akan berkerja dengan dual channel dengan mengikuti kecepatan RAM terendah yang terpasang pada motherboard.
  • Single/ Double rank tidak akan berpengaruh dengan konfirgurasi dual channel, namun sangat disarankan untuk membeli RAM single rank karena performa lebih baik dari doubel rank yang menggunakan kedua sisi untuk ditanami chip yang bekerja secara bergantian antar setiap sisi saja.
  • Kapasitas RAM yang berbeda juga tidak berpengaruh dengan konfigurasi dual channel, kapasitas RAM kalian akan bertambah sesuai spesifikasi RAM, contoh 4 + 2 GB RAM dengan kecepatan  1600MHz yang sama akan bekerja secara dual channel dengan kecepatan 1600 Mhz juga.
  • Merk RAM atau chip yang berbeda juga tidak berpengaruh pada konfigurasi dual channel.
  • Tancapkan RAM dengan slot RAM sesuai channel yang telah dikonfigurasi pada motherboard (cek manual motherboard-mu)
  • Jenis RAM yang berbeda tentu tidak dapat digunakan, jadi jangan membeli RAM DDR3 untuk motherboard dan prosesor yang bekerja dengan RAM DDR4.

Ayo, segera tingkatkan kapasitas dan kecepatan komputermu dengan RAM dual channel, tanpa perlu takut-takut untuk upgrade lagi!

Artikel Terkait: