Apa Saja Data yang Direkam Facebook?

Data yang Direkam Facebook

Share

Dalam suatu dokumen berjumlah 222 halaman, Facebook mengungkapkan informasi apa saja yang mereka catatkan dari para penggunanya. Pengungkapan data yang direkam Facebook ini dilakukan oleh perusahaan terkait pertanyaan dari Kongres Amerika Serikat perihal skandal Cambridge Analytica yang terjadi pada April 2018.

Di satu sisi, beberapa hal yang dituangkan pada dokumen tersebut tidak mengejutkan, seperti berapa lama waktu yang dihabiskan orang-orang di Facebook atau apakah para pengguna Facebook membeli sesuatu melalui situs mereka. Namun, di sisi lainnya, ada hal-hal yang mencengangkan terkait kemampuan daya rekam perusahaan sosial media ternama tersebut.

Berikut ini beberapa hal mengejutkan mengenai data yang direkam Facebook dari para penggunanya:

  • Facebook mencatat pergerakan mouse penggunanya. Hal ini membantu perusahaan untuk mengenali bahwa yang beraktivitas di laman Facebook bukanlah suatu robot.
  • Cara lain yang bisa Facebook lakukan untuk membedakan bahwa kalian adalah manusia atau robot adalah dengan mengidentifikasi apakah jendela browser yang digunakan bekerja di latar depan atau di latar belakang.
  • Facebook mengumpulkan banyak data tentang perangkat penggunanya, termasuk tingkat baterai, kekuatan sinyal, dan ruang penyimpanan yang tersedia.
  • Sistem operasi, jenis browser, nama file, dan plugin juga bisa diketahui oleh Facebook
  • Facebook dapat mengetahui operator seluler, penyedia layanan internet, dan alamat IP yang digunakan penggunanya selain data cookie, zona waktu, dan kecepatan koneksi internet.
  • Dalam beberapa kasus, Facebook juga akan memonitor perangkat di sekitar penggunanya pada jaringan yang sama seperti menonton video streaming melalui smart TV
  • Sinyal perangkat pengguna Facebook juga dipantau, termasuk Bluetooth dan informasi mengenai titik akses Wi-Fi terdekat. Menara seluler terdekat juga mampu dikenali oleh Facebook.
  • Facebook juga akan memantau lokasi GPS, informasi kamera, dan foto jika penggunanya tidak mengunci aksesnya melalui pengaturan. Riwayat panggilan telepon dan riwayat SMS juga direkam jika pengguna memilih untuk menyinkronkan perangkat Android miliknya atau mengunggah data ke Facebook
  • Data mengenai aktivitas online dan juga offline serta aktivitas pembelian dari penyedia pihak ketiga dikumpulkan oleh Facebook selain informasi mengenai akun yang digunakan oleh penggunanya dan game maupun aplikasi yang mereka unduh.

Artikel Terkait: