Asus Ganti Touchpad Kuno dengan ScreenPad

Asus Ganti Touchpad Lama dengan ScreenPad

Share

Diluncurkan dalam ajang Computex 2018, Asus ZenBook Pro diproduksi untuk mengisi jajaran laptop kelas premium. Laptop tersebut memilik fitur baru yang unik yaitu layar sentuh seukuran kartu kredit yang diletakan di tempat touchpad biasanya berada. Layar sentuh tersebut bernama ScreenPad.

ScreenPad adalah touchpad cerdas pertama di dunia, menurut klaim dari pihak Asus. Tidak seperti kebanyakan touchpad yang berwarna monoton, putih atau hitam, touchpad pada ZenBook Pro terbaru tersebut berfungsi sebagai layar sentuh multifungsi yang ukurannya hampir serupa ukuran card holder.

Berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080, ScreenPad dapat digunakan sebagai peluncur aplikasi, kalkulator, kalender, atau keypad numerik. Trackpad tersebut juga dapat memutarkan video YouTube melalui ekstensi Chrome serta mampu memperluas layar utama ZenBook Pro.

Asus telah bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan integrasi antara Office dengan ScreenPad. Dengan touchpad pintar tersebut, kalian bisa mengakses Word, Excel, dan PowerPoint. Touchpad unik tersebut mampu difungsikan sebagai pengontrol saat memutarkan musik ataupun video. Asus menyatakan bahwa layar sentuh tersebut akan mendukung kontrol terhadap Spotify.

Asus pun, kedepannya, akan merilis perangkat untuk pengembangan ScreenPad. Nantinya, semua aplikasi yang kompatibel akan tercantum pada suatu website. Sebagian besar aplikasi tersebut dapat ditemui di Windows Store.

Layar sentuh pengganti touchpad yang kuno tersebut dapat diaktifkan atau di nonaktifkan dengan menekan tombol F6 pada keyboard. Ada beberapa mode yang dapat dijalankan oleh touchpad yang terpasang pada Asus ZenBook Pro 2018.

Basic ScreenPad mode pada dasarnya menjadikan layar kecil tersebut sebagai screensaver. Ia mampu memproyeksikan latar belakang statis ke trackpad dengan cara yang menyenangkan.

Dengan Extension Display mode, kalian bisa menjadikan touchpad tersebut sebagai layar tambahan. Dengan mengaktifkan mode tersebut, kalian dapat mengeksplorasi beragam hal menarik seperti yang telah dijelaskan pada paragraf ketiga artikel ini. Nilai lebih dari fitur ini adalah kalian bisa menjalankan dua software berbeda dalam waktu yang bersamaan. Contohnya, kalian bisa membuka Google Chrome pada layar utama sambil memutar tayangan YouTube pada bagian touchpad. Seru bukan?

Artikel Terkait: