Butuh PSU Berapa Watt Sih Komputerku?


Share

Dalam membangun sebuah PC, menghitung kebutuhan daya dari keseluruhan sistem yang digunakan sangatlah penting, karena power supply unit atau PSU yang mengubah arus listrik AC menjadi DC harus memberi daya yang cukup pada setiap komponen PC. Nah, untuk mempermudah kalian dalam memilih besaran daya yang dapat diberikan oleh PSU, sekarang kita akan membahas konsumsi daya listrik setiap komponen secara umum.

Motherboard ~80Watt

Motherboard memberikan daya pada setiap komponen yang terpasang, seperti chipset, RAM, integrated sound card dan Wi-Fi, BIOS, dan konektor USB serta SATA.

Prosesor -100 Watt

Prosesor generasi terakhir umumnya menggunakan daya maksimum hingga 105 Watt, seperti Ryzen 7 2700X dan Core i7-8700K.

RAM ~3 Watt 

RAM DDR4 memiliki voltase yang lebih rendah dibandingkan DDR3, sehingga konsumsi daya yang digunakan semakin rendah juga. RAM menggunakan daya yang disuplai oleh motherboard.

Hard Disk Drive ~30 Watt

HDD membutuhkan daya yang cukup besar tiap unitnya, sehingga saat kalian ingin menambah HDD perhitungkan daya yang dapat diberikan PSU kalian saat ini. Sedangkan SSD menggunakan daya yang jauh lebih sedikit, yaitu sekitar 10 Watt saja.

Graphic Card ~150 Watt

Graphic card dengan kelas entry level umumnya menggunakan daya 75 – 90 Watt, seperti RX 560 atau GXT 1050 Ti. Graphic card dengan konsumsi daya dibawah 75 Watt tidak memerlukan konektor power langsung dari PSU ke graphic card, seperti pada graphic card kelas atas RX Vega 56 atau GTX  1070 Ti yang membutuhkan daya hingga 250 Watt.

Kipas ~5 Watt

Kipas hanya memerlukan daya yang kecil, sehingga kalian tidak perlu terlalu khawatir saat ingin menambahkan kipas pada komputer kalian.

Jadi, kalian hanya membutuhkan PSU dengan asupan daya sekitar 500 Watt saja untuk komputer dengan prosesor yang memiliki TDP 95 Watt seperti Core i7-8700K, 2 Keping RAM, graphic card kelas menengah seperti RX 580 (150 Watt) atau GTX 1060 (120 Watt), sebuah SSD dan HDD serta beberapa kipas dengan total kebutuhan daya sekitar 300 Watt. Pastikan juga kalian menggunakan perhitungan terburuk, bahwa PSU hanya mampu memberikan daya 80% dari nilai yang tertera karena faktor efiseiensi power supply.

Artikel Terkait: