Casing Terbuka VS Tertutup


Share

Dalam hal pendinginan komponen komputer, para pengguna PC umumnya terbagi menjadi dua, yaitu pengguna PC dengan casing terbuka dan casing tertutup. Kedua teknik ini masih sering diperdebatkan oleh para pengguna PC, karena pilihan tiap pengguna PC sangat subjektif, dalam hal ini kami hanya dapat menyarankan penggunaan untuk setiap teknik berdasarkan kebutuhan penggunaan kalian. Setiap teknik memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri bagi pengguna maupun komponen PC. Ayo kita cek masing-masing keunggulan dan kelemahan casing terbuka dan tertutup.

Casing Terbuka

terbuka

Komponen komputer pada casing terbuka dapat terkena udara sekitar, sehingga mampu melepaskan panas komponen PC dengan mudah. Selain itu, casing terbuka juga membuat kalian dapat memamerkan komponen PC kalian yang keren. Namun, kelemahan utama casing terbuka adalah komponen PC mudah terkena debu maupun dihinggapi binatang, hal ini akan membuat komponen PC menjadi mudah rusak, walaupun kalian memang dapat membersihkan PC kalian dengan kuas setiap harinya. Suara fan juga dapat terdengar langsung tanpa dapat teredam casing, sehingga hal ini dapat mengganggu saat kalian bermain atau membutuhkan suasana senyap.

Casing Tertutup

tertutup

Teknik ini memang harus membutuhkan beberapa kipas tambahan di dalam casing agar aliran udara dingin tetap terjaga dengan baik, namun komponen PC kalian akan terlindungi dengan baik dari binatang maupun tumpukan debu yang berlebih. Agar menjaga komponen PC tetap bersih, kalian cukup membersihkan PC 3 – 6 bulan sekali. Untuk menggunakan casing tertutup kalian harus memperhatikan aliran udara maupun heat sink fan yang akan digunakan, pastikan kalian menggunakan heat sink fan yang berkualitas bagus, sehingga panas komponen dapat terbuang dengan baik. Jika kalian memang ingin pamer komponen PC, kalian bisa memilih casing dengan penutup sisi samping yang terbuat dari akrilik atau kaca.

Jadi, pilihan mana yang terbaik untuk kalian gunakan? Jika kalian memang membutuhkan pendinginan optimal, seperti melakukan overclocking atau setup singkat, casing terbuka wajib dilakukan. Namun, untuk penggunaan sehari-hari disarankan untuk menggunakan casing tertutup, karena komponen PC tidak mudah terkena debu maupun dihinggapi binatang.

Artikel Terkait: