Computex 2018: External Hardisk dengan Heatsink? Inovasi Terbaru Adata!

Adata HD830 External HDD

Share

Terima kasih kepada Adata yang sudah mengundang Tim Ulasan ID ke acara tahunan Computex 2018. Sebelumnya penulis membahas mengenai brand gaming Adata, yaitu XPG by Adata. Kali ini penulis akan membahas mengenai produk unik brand Adata, yaitu External Harddisk Adata HD830. Bisa dibilang HD830 adalah External Harddisk yang paling tangguh yang pernah penulis lihat.

Spesifikasi yang disediakan masih cukup terbatas karena Adata belum melepasnya ke pasar. Dari penampilan fisiknya hanya terdapat sebuah port USB 3.1 micro-b terutup oleh karet pelindung tambahan. Meskipun port tersebut mampu melakukan pekerjaannya dengan baik, untuk kegiatan marketting USB Type-C yang bisa dipasang bolak-balik mungkin akan memiliki impact yang lebih baik. Kapasitas HDD yang tersedia adalah 2 TB, 4 TB, dan 5 TB tanpa ada informasi lebih mengenai kecepatan putar serta berapa banyak piringan yang dipakai. HD830 mendapatkan sertifikasi IPX8 yang berarti dapat bertahan dibawah air sedalam 2 meter selama 2 jam dan IP6X yang berarti sudah tahan terhadap debu serta sertifikasi Military Grade.

Computex 2018 Adata HD830 External Harddisk HDD IP6X IPX8 Tahan Debu Tahan Air Tahan Tekanan Millitary Grade

Sekarang penulis akan mulai membahas mengenai desainnya yang unik. Adata HD830 menggunakan material metal dengan karet bagian sudutnya yang merupakan bagian terlemah. Tapi kombinasi metal dan karet juga dimiliki oleh external harddisk lainnya, HD830 memiliki desain yang lebih unik karena material metal yang melindungi juga berperan seagai heatsink yang berfungsi melepas panas disk saat beroperasi.

Sebenarnya desain heatsink tersebut tidak ada masalah, tapi kalau ditanyakan menjadi nilai jualan, pertanyaan pertama yang muncul adalah: “Apakah external harddisk menghasilkan panas sebegitu besar hingga memerlukan heatsink?”. Sejauh pengetahuan penulis, dalam keadaan bekerja, memang harddisk external akan menghasilkan panas, tapi tidak sampai panas yang memerlukan bantuan pendinginan heatsink. Material metal yang menjadi heatsink sendiri berperan penting sebagai pelindung komponen di dalammnya dari benturan dan tekanan sehingga data yang tersimpan akan tetap aman.

Penulis sempat bercanda dengan representatif Adata, “Mungkin lebih cepat kalau saya mendinginkan external harddisk ini saya celupin ke dalam air karena produk ini sudah memiliki sertifikasi tahan air dan debu”. Sambil bercanda juga representatif tersebut menjawab, “Itu adalah ide yang cukup unik.”.

Ingat itu hanya gurauan semata, jangan pernah celupkan alat elektronik apapun yang memiliki sertifikasi tahan air seperti external harddisk atau smartphone kalian sambil terkoneksi dengan daya karena bisa mengakibatkan arus pendek sehingga merusak perangkat.

Artikel Terkait: