Heatsink Tembaga VS Alumunium


Share

Pada umumnya heatsink komponen PC terbuat dari alumunium dan tembaga. Heatsink alumunium lebih banyak digunakan, karena harga dan ringan. Sedangkan tembaga lebih jarang digunakan dalam skala besar, karena lebih berat dan mahal pengolahannya. Namun, setiap bahan heatsink ini memliki keunggulan yang berbeda, sehingga penggunaannya dikhususkan untuk komponen

 

alumunium
Keunggulan alumunium:

  • Mudah melepaskan panas ke udara sekitar
  • Ringan dan mudah dibentuk

Kelemahan alumunium:

  • Susah untuk menghantarkan panas jika terlalu tebal

 

tembaga

Keunggulan tembaga:

  • Sangat baik dalam menghantarkan panas
  • Mudah menyerap panas dari sumber panas

Kelemahan tembaga:

  • Lebih berat dari alumunium
  • Susah untuk melepaskan panas ke udara sekitarnya

 

Berdasarkan keunggulan kedua bahan tersebut produsen heatsink prosesor dan graphic card menggunakan kombinasi tembaga dan alumunium untuk mendingikan prosesor dan GPU chip. Pipa tembaga dengan pembuatan sintered powder (penjelasan di link berikut: Sintered Powder) untuk menyalurkan panas secara langsung sumber panas. Panas pada pipa tembaga akan dihantarkan ke sirip alumunium untuk melepaskan panas dengan efisien ke udara sekitar.

 

alumunium tembaga

 

Untuk menggunakan heatsink dengan bahan yang tepat, pada umumnya pabrikan akan memilih bahan alumunium untuk pendingin pasif, karena alumunium murah, mudah dibentuk, dan mudah melepaskan panas. Heat sink alumunium biasanya dipasang pada mosfet motherboard atau graphic card, selain untuk mendinginkan mosfet yang panas (info mosfet lebih lanjut klik link berikut: Mosfet), heat sink alumunium yang terpasang pada mosfet motherboard akan membuat tampilan motherboard-mu semakin keren.

Tembaga umumnya hanya digunakan pada heat pipe, karena sifat konduktivitas panas yang baik, namun susah untuk melepaskan panas ke udara sekitar. Heat sink tembaga penuh sudah jarang ditemui pada komponen pc modern. Tembaga lebih efisien digunakan sebagai penghantar panas ke sirip alumunium untuk melepaskan panas. Nikel plating pada pipa tembaga biasanya ditambahkan untuk membuat heat sink lebih elegan dan mempermudah pelepasan panas pada pipa tembaga.

Jika kalian membangun sebuah PC, pastikan kalian menggunakan heat sink fan untuk prosesor dengan dasar tembaga yang menyatu dengan heat pipe tembaga dan sirip alumunium. Karena heat sink fan ini paling efisien untuk prosesor atau GPU chip.

Artikel Terkait: