Jajaran Laptop Paling Tangguh di Planet Bumi


Share

Laptop modern haruslah memiliki ketahanan ekstra daripada komputer zaman dahulu. Hari ini, hampir semua dari kita memiliki laptop dan terkadang menggunakannya secara brutal. Tidak jarang di antara laptop kalian harus menemui ajalnya karena kerasnya “kehidupan” yang dijalani.

Di bawah ini adalah laptop yang mendapat predikat paling tangguh di planet bumi. Sebagian besar telah diuji untuk memenuhi standar MIL-STD-810 — prosedur pengujian lingkungan Departemen Pertahanan. Bahkan beberapa memang dirancang untuk tetap berfungsi saat seorang tentara melakukan terjun payung dan langsung masuk ke dalam medan perang.

Lenovo Thinkpad T61p

Lenovo Thinkpad T61p

Lenovo Thinkpad T61p

Banyak laptop tangguh kelas militer yang memiliki kelebihan tertentu, tapi bagaimana dengan laptop yang dapat bertahan hidup di luar angkasa dengan suhu dingin yang sangat ekstrem? Lenovo Thinkpad T61p menjawab. Laptop ini sudah digunakan di luar angkasa oleh NASA selama beberapa tahun terakhir.

Meski tidak se-“keras” laptop tangguh lainnya, Lenovo T61p memiliki kelebihan yaitu mudah untuk di bongkar-pasang. Kelebihan ini sangat membantu kondisi ekstrem di luar angkasa yang notabene bisa dengan mudah merusak hardware laptop seperti hard disk.

Getac X500

Getac X500

Getac X500

Tidak seperti Lenovo, Getac menawarkan secara eksklusif laptop dan tablet tangguh. Perusahaan ini mengatakan bahwa X500 sebagai “notebook tangguh paling kuat yang pernah dibuat”. Getac juga melengkapi X500 dengan spesifikasi yang mumpuni seperti penggunaan Intel i7-4610M sebagai chip standar. Tentu, laptop ini juga dilengkapi dengan fitur anti-kejut militer, anti-debu,dan anti-percikan api. Kalian juga bisa menambahkan PCI card jika slot yang disertakan dalam X500 dirasa kurang.

WetPC

WetPC

WetPC

Meskipun dua produk laptop tangguh di atas dapat bertahan dari paparan air dalam jumlah yang cukup banyak, tetapi tidak ada satu pun yang secara teknis dapat direndam dalam air. Di situlah WetPC memberikan tawaran menarik. Komputer bawah laut WetPC dirancang dengan mempertimbangkan penggunaannya untuk menyelam di laut dalam. Sebenarnya perangkat ini — secara teknis — bukanlah laptop, tapi merupakan sebuah komputer yang bisa dipakai. Laptop ini memiliki prosesor yang tahan terhadap tekanan air, tampilan visual yang dipasang di kacamata selam, dan pengontrol tangan yang berisi lima tombol. Kalian tentu tidak bisa menggunakan laptop ini untuk mengerjakan skripsi kalian, tapi peneliti bawah laut sangat terbantu saat akan mengumpulkan data dengan adanya perangkat ini.

Artikel Terkait: