Kegiatan Mengedit Video Dimana Saja Dengan Project Rush

Project Rush

Share

Adobe telah mengumumkan pengembangan Project Rush, aplikasi pengedit video lintas perangkat yang yang mampu meleburkan seluruh proses pembuatan video, mulai dari memotret objek hingga membagikannya ke media sosial. Menurut Adobe, aplikasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang lebih ramping dan intuitif kepada para pengguna dalam membuat video, serta menyediakan solusi video bagi para pengguna seluler.

Berbeda dengan perangkat pembuat video tradisional yang memerlukan beberapa program terspesialisasi, Project Rush justru menjadikan proses pengerjaan video ke dalam satu aplikasi terintegrasi. Aplikasi tersebut mampu mengambil gambar bergerak, mengeditnya, melakukan optimasi suara, membuat motion graphic, serta membagikan hasilnya ke orang-orang yang dikehendaki. Tampilan dari aplikasi ini cukup sederhana untuk keperluan editing, pengaturan warna dan suara, serta untuk melakukan proses titling.

Adobe mengatakan bahwa alat-alat yang tersedia pada Project Rush memiliki teknologi dasar yang sama seperti yang digunakan pada aplikasi-aplikasi Adobe untuk para profesional. Alat-alat yang dimaksud adalah seperti teknologi koreksi warna dari Premiere Pro dan teknologi suara dari Audition. Pengguna perlu mengintegrasikan Adobe Stock untuk dapat mengakses motion graphic templates secara gratis yang dapat dikostumisasi sesuai selera.

Sadar akan konten video yang menakjubkan sering dibagikan melalui sosial media, Project Rush mampu mengoptimalkan video untuk berbagai platform media sosial, serta mengelola publikasi dan penjadwalan konten ke platform tersebut. Namun, Adobe belum mengatakan platform media sosial mana saja yang akan didukungnya.

Aplikasi pengedit video dari Adobe ini tersedia dalam versi mobile maupun desktop. Kedua versi tersebut sama-sama dilengkapi dengan set fitur yang sama. Itu artinya, pengguna akan memiliki peralatan yang sama terlepas dari device apa yang mereka gunakan. Untuk melakukan sinkronisasi, pengguna perlu memiliki akses terhadap Adobe Creative Cloud.

Walaupun aplikasi video ini tidak bisa menggantikan aplikasi video untuk level profesional, namun, aplikasi ini sangat berguna untuk mereka tidak ingin direpotkan oleh beberapa aplikasi hanya untuk menghasilkan suatu video.

Perusahaan belum mengumumkan kapan dan berapa harga aplikasi video lintas perangkat ini akan tersedia. Namun, karena aplikasi tersebut dirancang untuk tersinkron melalui Adobe Creative Cloud, sepertinya para pengguna harus berlanggan Creative Cloud terlebih dahulu. Saat ini, Adobe memberikan akses beta dari aplikasi tersebut untuk umum. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?