Lenovo Thinkpad Second, is it Worthy?


Share

Pasar online untuk laptop bekas di Indonesia dibanjiri oleh salah satu produk Lenovo, yaitu Thinkpad. Thinkpad adalah sebuah laptop kelas bisnis yang memiliki ketahanan luar biasa dan fitur premium serta komponen aftermarket yang sangat banyak. Ada beberapa jenis laptop Thinkpad second yang masuk ke Indonesia beserta komponennya untuk upgrade maupun penggantian dengan harga terjangkau, yaitu X230, X240, T430, T530, T440, dan T540. Thinkpad seri X230, T430, dan T530 memiliki banyak slot untuk upgrade komponen dan mudah dibongkar untuk mengganti komponen onboard, sehingga laptop bekas ini paling diminati oleh pengguna laptop di Indonesia.

Komponen Thinkpad yang mudah didapatkan di toko-toko online umumnya berupa baterai 9 cell yang membuat Thinkpad-mu bisa bertahan lebih lama, ExpressCard 34 yang berguna untuk berbagai macam extension seperti graphic output HDMI, tambahan port USB 3.0, port memory card tambahan, dan bahkan PCIe yang bisa kalian gunakan untuk menyambungkan Thinkpad kalian ke graphic card external, sehingga kalian dapat bermain game maupun melakukan rendering dengan lancar jaya.

 

thinkpad egpu

 

Selain itu Thinkpad juga bisa dilengkapi dengan modem internal, sehingga kalian cukup memasukkan sim card 3G atau 3.5G ke slot yang tersedia di balik slot baterai dan menggunakannya untuk berinternet ria dimanapun. Keyboard Thinkpad X230, T430, dan T530 juga mudah diganti-ganti dan tersedia keyboard dengan backlight LED bewarna putih, sehingga laptop kalian akan terlihat lebih keren dan bisa digunakan untuk bekerja di tempat gelap (kerja apa hayo?)

 

thinkpad keyboard

 

Thinkpad seri X230, T430, dan T530 biasanya menggunakan prosesor Intel Core i5 3320m generasi ketiga yang mumpuni untuk digunakan sebagai laptop kantoran, programming, ataupun multimedia sederhana. RAM bisa diupgrade hingga 16 GB dengan menggunakan kedua slot RAM pada bagian bawah laptop dan keyboard. Sedangkan X240, T440, dan T540 sudah menggunakan Intel Core i5 4300U generasi keempat dan RAM DDR3L yang lebih efisien. Khusus untuk T540, keyboard sudah menggunakan 108 key, yang berarti memiliki numpad untuk memudahkan kalian mengetik angka atau menaruh makro.

 

thinkpad open

 

Thinkpad bekas ini biasanya sudah dilengkapi dengan RAM 8GB, SSD 128 – 256 GB, atau Harddisk hingga 1TB dan dihargai mulai 3 jutaan sampai 5 jutaan Rupiah tergantung spesifikasi dan kondisi laptop. Jika kalian pelajar ataupun pekerja yang membutuhkan laptop powerful dengan harga murah, kalian bisa melirik Thinkpad bekas, karena mudah di uprgade, perawatannya juga sangat sederhana.

 

thinkpad modem

 

Artikel Terkait: