Motherboard B350 Murah untuk Overclock Ryzen Vega


Share

Ryzen Raven Ridge yang menggunakan Radeon RX Vega sebagai graphic processor unit-nya mampu di overclock untuk meningkatkan kemampuannya. Kemampuan penuh untuk meng-overclock APU Raven Ridge hanya dibatasi untuk motherboard chipset B350, X370, dan X470, sedangkan untuk motherboard dengan chipset A320 hanya diberi kemampuan untuk overclock RAM saja. Motherboard B350 memiliki harga cukup murah mulai dari satu juta hingga 2 jutaan Rupiah. Sekarang, kita akan membahas tentang keunggulan  dari 3 motherboard pilihan termurah dengan chipset B350.

Merek dan jenis motherboard dipilih secara subjektif berdasarkan harga termurah dan merek yang mudah dijumpai di toko-toko komputer.

Asrock AB350M-HDV

b350
Keunggulan: memiliki slot M.2 untuk SSD dengan konektivitas PCIe Gen 3 x4 dan SATA, memiliki 3 output graphic, yaitu DVI-D, D-Sub, dan HDMI, serta memiliki 3 slot pin kipas (2 x 4 pin dan 1 x 3 pin)

Perkiraan harga: Rp 1.100.000

Biostar Racing ET2

b350
Keunggulan: memiliki 1 output graphic DVI-D, harga tergolong sangat murah, mendukung prosesor dengan TDP 95 Watt

Perkiraan harga: Rp 1.050.000

MSI B350M Pro-VH

b350
Keunggulan: memiliki 2 graphic output, yaitu HDMI dan D-Sub, mendukung prosesor dengan TDP 95 Watt, memiliki jumper untuk clear CMOS, dan mosfet dilengkapi dengan heat sink

Perkiraan harga: Rp 1.280.000

Ryzen Raven Ridge-mu bisa ditingkatkan kemampuannya dengan mudah menggunakan Ryzen Master dan motherboard ber-chipset B350. Untuk pilihan terbaik dari ketiga motherboard diatas berdasarkan harga dan banyaknya expansion slot yang tersedia adalah Asrock AB350M-HDV, namun dalam hal overclock kalian harus berhati-hati dalam menjaga suhu mosfet, karena tidak dilengkapi heat sink. Selain itu, AB350M-HDV juga hanya dapat menampung prosesor dengan TDP 65 Watt saja (dapat dilihat dari 4 pin power prosesor). MSI memberikan fitur overclock terbaik dengan harga yang menggiurkan, selain itu slot PCIe x16-nya juga sudah dillengkapi dengan MSI Steel Armor yang menjanjikan kekuatan lebih untuk menahan beban graphic card.

Jika kalian memang memiliki budget rendah dan ingin bermain game tanpa menunggu harga graphic card kembali normal atau akan melakukan upgrade prosesor dan graphic card, Ryzen Raven Ridge dan motherboard B350 dari Asrock merupakan pilihan terbaik.
Ryzen Raven Ridge hanya mendukung PCIe x8 untuk graphic card diskrit, sehingga graphic card dengan slot PCIe x16 tidak akan bekerja maksimal. Untuk hal ini AMD memberikan pilihan yang sesuai, yaitu RX 460 dan RX 560 yang pada dasarnya hanya menggunakan PCIe x8 saja.

Perkiraan harga berdasarkan daftar harga EnterKomputer pada Juni 2018.

Artikel Terkait: