MSI PS42, Laptop Ultra Portabel Pertama dari MSI

MSI PS42, Laptop Ultra Portabel Pertama dari MSI

Share

Sepuluh tahun yang lalu, MSI yang dikenal sebagai produsen motherboard asal Taiwan memutuskan untuk berbisnis pada ranah gaming PC. Sekarang, setelah satu dekade menjual PC untuk keperluan bermain game, perusahaan menyadari bahwa beberapa pelanggan pertama mereka yang dulu membeli salah satu PC tersebut saat duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi, kini, telah cukup dewasa. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pergeseran selera dari gaming laptop ke laptop ultra portabel yang ramping. MSI PS42 adalah jawaban atas keadaan tersebut.

Jadi, supaya pelanggan tersebut tidak beralih menggunakan Dell atau Apple, MSI memutuskan untuk membuat laptop ultra portabel juga. Hal tersebut disampaikan oleh perwakilan MSI pada ajang Computex 2018. Perusahaan mewujudkan keinginannya melalui MSI PS42, laptop 14 inci yang beratnya hanya 2,6 pound atau setara dengan 1,18 kg dan hadir dalam warna perak terang.

MSI PS42 memiliki spesifikasi yang bersaing dengan mid range laptop seperti Dell XPS 13 dan juga HP Spectre 13. Prosesor yang terdapat dalam laptop ultra portabel keluaran MSI tersebut adalah Intel Core i7. Untuk urusan grafis, laptop ini disematkan discrete graphic card berupa Nvidia GeForce MX150. Memang, kartu grafis tersebut tidak mumpuni untuk memainkan game berspesifikasi tinggi tetapi perusahaan yakin bahwa, untuk keperluan gaming, konsumen yang diincarnya telah memiliki gaming laptop lainnya.

Kekurangan yang terdapat pada bagian fisik PS42 adalah ukuran touchpadnya kecil. Namun demikian, hal tersebut memberikan ruang bagi kehadiran speaker yang cukup besar.

Karena PS42 menggunakan ultrathin bezel berstandar industri, webcam diletakkan di bagian bawah layar. Hal tersebut bisa membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Ketika pengguna sedang mengetik, jari-jari tangan bisa menghalangi pandangan webcam. Saat jari-jari tangan tidak menutupi webcam, bisa jadi lubang hidung pengguna dapat terekspos dengan jelas oleh webcam. Cukup aneh sebenarnya penempatan webcam tersebut.

Adapun kualitas material yang digunakan terasa sangat bagus untuk laptop yang tipis dan ringan. Layarnya menggunakan teknologi IPS yang mampu menghasilkan warna yang cerah dan terkesan hidup. Selain Nvidia GeForce MX150, MSI juga menjadikan  GeForce GTX 1050 sebagai pilihan lainnya.

(dilansir dari laman PC Mag)

Artikel Terkait: