Overclock Graphic Card Berbahaya??


Share

Tingginya harga graphic card mid-high end, seperti AMD RX 570, RX 580, dan Nvidia GTX 1060, karena permintaan tinggi untuk segmen cryptomining, membuat gamer yang ingin membeli graphic card mid-high end harus gigit jari. Sebagai gantinya, para gamer memilih untuk membeli graphic card entry level seperti RX 460, RX 560, GTX 1050, dan GTX 1050Ti untuk membangun PC gamingnya. Graphic card RX 550 dan GT 1030 menjadi pilihan utama yang murah dan mudah didapatkan untuk gamer dengan budget terbatas.

graphic card

Untuk mendapatkan performa yang lebih saat bermain game dengan resolusi 1080p atau Full HD, graphic card entry level harus di overclock. Namun overclock secara sembarangan sangat berbahaya untuk penggunaan bermain game sehari-hari, karena para gamer hanya fokus untuk meningkatkan GPU clock saja, hal ini akan menyebabkan tampilan graphic card kalian menjadi artifak atau bahkan bluescreen.

 

artifak

Lalu, bagaimana cara meng-overclock GPU entry level yang tidak berbahaya?

  • Gunakan software overclock yang sudah kalian mengerti atau mudah dipelajari, seperti MSI Afterburner, Asus GPU Tweak, Xtreme Tuner Plus, AMD Adrenalin, atau NVInspector.
  • Naikkan clock gpu dan memory secara perlahan, 25 –  50 MHz setiap percobaan, setelah itu jalankan program benchmark atau stresstest selama 2 menit. Jika tidak ada masalah tingkatkan terus sampai masalah seperti tampilan artifak muncul, lalu turunkan 50 MHz atau 2% dari maksimum clock saat terjadi artifak. Tingkatkan juga voltase GPU jika tersedia sebesar 0.05 – 0.1 Volt saat melakukan overclock GPU. Pastikan GPU stabil pada clock yang kalian inginkan.
  • Tingkatkan kecepatan kipas untuk menjaga suhu GPU agar tidak terlalu panas. Jika kalian menggunakan grafik untuk mengatur kecepatan kipas secara otomatis, jaga suhu GPU dibawah 70 derajat Celcius.
  • Ganti pasta heat sink dan GPU dengan pasta yang lebih bagus seperti Deepcool Z5, CoolerMaster Master Gel, atau Noctua NT-H1. Gunakan pasta sangat sedikit, karena GPU chip lebih kecil daripada prosesor dan pasta terlalu banyak akan membuat GPU chip tidak dapat menghantarkan panas dengan baik ke heat sink.
  • Jika memungkinkan, pasang heatsink alumunium kecil untuk mosfet GPU untuk menjaga suhu mosfet saat graphic card di overclock. Kalian harus menggunakan thermal pad untuk menempelkan alumunium heat sink ke mosfet.

 

overclock

Graphic card murah memang tidak dibuat untuk overclock secara berlebihan, maka dari itu kalian hanya dapat menambah performa graphic card kalian melalui overclock sebesar 5 – 15% saja. Hal itu juga tergantung komponen yang digunakan oleh pabrikan untuk menunjang kemampuan graphic card saat di over clock.

Artikel Terkait: